Ketahanan Informasi

Peringati Bulan K3 Nasional, BPJAMSOSTEK Jember Minta K3 Harus Jadi Budaya

Rabu, 17 Februari 2021 - 13:58 | 14.89k
Peringati Bulan K3 Nasional, BPJAMSOSTEK Jember Minta K3 Harus Jadi Budaya
Poster K3 dan perlindungan pekerja di masa Pandemi. (FOTO: Rizki Dwi Prasetyo/AJP)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2021 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, diperingati dengan seminar melalui Zoom oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Jember, Rabu (17/2/2021).

Webinar dibuka oleh Kepala BPJAMSOSTEK Jember R. Edy Suryono dan Pengawas Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur Supiyan Sauri.

Tidak kurang dari 60 perusahaan dan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) peserta BPJAMSOSTEK Cabang Jember hadir di webinar yang menghadirkan narasumber Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur Supiyan Sauri, Account Representative BPJS Ketenagakerjaan Jember Diny Firmani Rahma serta Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Jember Erwin Setiawan.

R. Edy Suryono yang membuka webinar mengatakan, jumlah kasus klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) serta pembayaran manfaat klaim yang telah dibayarkan BP JAMSOSTEK Jember selama periode tahun 2020.

“Terdapat total 1.059 kasus laporan kecelakaan kerja yang masuk ke BP JAMSOSTEK Jember. Sedangkan nominal manfaat yang telah kami bayarkan sekitar Rp 6,5 miliar untuk program JKK ini,” ungkap Edy.

webinar K3 Perlindungan PekerjaPoster webinar K3 dan perlindungan pekerja di masa Pandemi. (Foto: Rizki Dwi Prasetyo/AJP)

Kegiatan webinar K3, kata Edy, merupakan salah satu upaya promotif dan preventif yang dilakukan BP JAMSOSTEK Jember guna meminimalisir kecelakaan kerja di perusahaan.

Koordinator Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Wilayah Jawa Timur, Supiyan Sauri selaku narasumber dalam paparannya menjelaskan, pelaksanaan K3 di perusahaan harus menjadi budaya.

Karena budaya K3 ini merupakan salah satu faktor utama dan hak dasar perlindungan tenaga kerja.

“Penerapan K3 ini boleh saja pada awalnya takut diberi sanksi karena diawasi, tapi kita juga harus tingkatkan ber-K3 ini karena sadar ada kepentingan keselamatan pribadi dan juga perusahaan. Setelah itu barulah kita jadikan K3 ini sebagai budaya. Di mana akan merasa tidak nyaman saat tidak menjalankan K3 ketika berada di proyek atau tempat kerja. Di situlah bisa katakan sudah berbudaya,” ucap Supiyan.

Supiyan menambahkan, pada 2020, seharusnya Indonesia dicanangkan berbudaya K3.

Tetapi adanya pandemi Covid-19, mengubah semua sistem dan tatanan dan pola kerja.

“Masa pandemi Covid-19 seharusnya menjadi momen untuk menyadari pentingnya penerapan budaya K3. Baik pekerja maupun pengusaha, karena dampaknya sangat luas. Tidak hanya kepada perusahaan, tetapi juga berdampak pada pekerja nantinya,” tutur Supiyan.

webinar K3Tangkapan layar aplikasi Zoom kegiatan webinar tentang K3. (Foto: Rizki Dwi Prasetyo/AJP)

Sementara Kepala Bidang Pelayanan BPJAMSOSTEK Jember, Erwin Setiawan, memaparkan pelayanan klaim dalam masa pandemi Covid-19. Dalam paparannya dijelaskan, klaim bisa dilakukan melalui Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) baik itu online dan juga onsite.

Dengan klaim LAPAK ASIK online, peserta dapat mengajukan klaim tanpa harus keluar dari rumah.

Peserta cukup mengakses portal lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id. Peserta akan diarahkan untuk mengisi data pribadi dan menyiapkan dokumen pendukung klaim seperti Kartu BPJS Ketenagakerjaan, KTP, Kartu Keluarga (KK), surat pengalaman kerja (Paklaring), buku rekening bank yang masih aktif, juga mengisi data diri pada saat registrasi pengajuan klaim.

Kemudian, peserta cukup menunggu untuk dihubungi oleh petugas BPJAMSOSTEK yang akan mengkonfirmasi dokumen pengajuan klaim dari peserta.

Sementara untuk LAPAK ASIK onsite, prosesnya tetap secara digital akan tetapi dalam proses konfirmasi dilakukan secara langsung di kantor BPJAMSOSTEK yang dituju.

“Pada dasarnya tidak ada perbedaan antara LAPAK ASIK online dan onsite. Layanan ini bertujuan untuk memastikan layanan pengajuan dapat dilaksanakan di seluruh kantor cabang BPJAMSOSTEK, tidak lain semuanya untuk mempermudah dan mempercepat proses klaim serta menekan laju penyebaran Covid-19,” tutup Erwin. (*)



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Seleksi Masuk MAN Insan Cendekia, Program Keagamaan, dan Kejuruan akan Digelar Daring
    Seleksi Masuk MAN Insan Cendekia, Program Keagamaan, dan Kejuruan akan Digelar Daring
    25/02/2021 - 21:13
  • Empat Pejabat di Pemkab Nagan Raya Aceh Dilantik
    Empat Pejabat di Pemkab Nagan Raya Aceh Dilantik
    25/02/2021 - 21:06
  • PBVSI Kota Batu Berburu Atlet Voli Pantai di Kota Tanpa Pantai
    PBVSI Kota Batu Berburu Atlet Voli Pantai di Kota Tanpa Pantai
    25/02/2021 - 21:01
  • Pakar Syariah IAIN Jember: Politik Identitas Jangan Sampai Provokasi Minoritas
    Pakar Syariah IAIN Jember: Politik Identitas Jangan Sampai Provokasi Minoritas
    25/02/2021 - 20:55
  • Program Smart City Kota Malang, Diskominfo akan Wujudkan Warga Jadi Smart Citizen
    Program Smart City Kota Malang, Diskominfo akan Wujudkan Warga Jadi Smart Citizen
    25/02/2021 - 20:52

TIMES TV

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

15/12/2020 - 15:25

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru
Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75

Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75
Meluaskan Manfaat

Meluaskan Manfaat
Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Ngopi Pagi: Iman
    Ngopi Pagi: Iman
    25/02/2021 - 07:56
  • Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa
    Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa
    24/02/2021 - 16:10
  • Harapan Terhadap Perubahan UU Pemilu
    Harapan Terhadap Perubahan UU Pemilu
    24/02/2021 - 16:06
  • Mengubah Stigma Milenial dalam Dunia Peternakan di Era 4.0
    Mengubah Stigma Milenial dalam Dunia Peternakan di Era 4.0
    24/02/2021 - 13:51
  • Menuju Hubungan Agama dan Negara di Indonesia yang Lebih Baik
    Menuju Hubungan Agama dan Negara di Indonesia yang Lebih Baik
    24/02/2021 - 12:02
  • Ngopi Pagi: Sombong
    Ngopi Pagi: Sombong
    24/02/2021 - 07:00
  • Menanamkan Kebaikan pada Anak di Dalam Rumah 
    Menanamkan Kebaikan pada Anak di Dalam Rumah 
    24/02/2021 - 01:49
  • Kritik dan Kebebasan Berpendapat
    Kritik dan Kebebasan Berpendapat
    23/02/2021 - 21:32

KULINER

  • Jus Honje Produk Ooy Rukoyah Jadi Minuman Khas Pangandaran
    Jus Honje Produk Ooy Rukoyah Jadi Minuman Khas Pangandaran
    25/02/2021 - 16:06
  • Brokoli Pasta Solusi Sarapan yang Jadi Favorit Anak
    Brokoli Pasta Solusi Sarapan yang Jadi Favorit Anak
    25/02/2021 - 01:20
  • Ada Citarasa Variatif dan Modern di Limestory Coffee Favehotel Cilacap
    Ada Citarasa Variatif dan Modern di Limestory Coffee Favehotel Cilacap
    24/02/2021 - 13:13
  • Hadirkan Udang Asam Manis ala Restoran di Meja Makan Keluarga
    Hadirkan Udang Asam Manis ala Restoran di Meja Makan Keluarga
    24/02/2021 - 04:15
  • Warung Pecel Pincuk Ngisor Talok di Ngawi Jadi Langganan Pejabat Berburu Kuliner
    Warung Pecel Pincuk Ngisor Talok di Ngawi Jadi Langganan Pejabat Berburu Kuliner
    23/02/2021 - 14:04
  • Ini Sosok Paspampres TNI Tubuh Besar Penerjang Brimob di Mobil Jokowi
    Ini Sosok Paspampres TNI Tubuh Besar Penerjang Brimob di Mobil Jokowi
    25/02/2021 - 11:56
  • Prajurit Kostrad TNI Ditembak Polisi Secara Brutal dari Jarak Dekat
    Prajurit Kostrad TNI Ditembak Polisi Secara Brutal dari Jarak Dekat
    25/02/2021 - 14:33
  • Identitas Oknum Polisi Penembak Anggota TNI AD hingga Tewas
    Identitas Oknum Polisi Penembak Anggota TNI AD hingga Tewas
    25/02/2021 - 11:52
  • Jakarta Geger, Prajurit TNI Tewas Ditembak Secara Brutal oleh Polisi
    Jakarta Geger, Prajurit TNI Tewas Ditembak Secara Brutal oleh Polisi
    25/02/2021 - 12:50
  • Sosok Bripka Cornelius, Buser Polsek yang Tembak Mati Pratu RS
    Sosok Bripka Cornelius, Buser Polsek yang Tembak Mati Pratu RS
    25/02/2021 - 13:47