Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Mahasiswa KKN Undip Bangun Aplikasi Pengarsipan Surat Berbasis Website

Rabu, 17 Februari 2021 - 16:42 | 35.88k
Mahasiswa KKN Undip, Faridi menyerahkan manual book aplikasi pengarsipan berbasis website pada Sekretaris Nagari Minangkabau di Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (17/2/2021). (Foto: Dok Undip)
Mahasiswa KKN Undip, Faridi menyerahkan manual book aplikasi pengarsipan berbasis website pada Sekretaris Nagari Minangkabau di Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (17/2/2021). (Foto: Dok Undip)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, TANAH DATAR – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I 2021 oleh Universitas Diponegoro (Undip)  di era pandemi Covid-19 dilakukan secara mandiri oleh setiap mahasiswa sesuai domisili mahasiswa. Kegiatan KKN dilaksanakan di Nagari Minangkabau, yang merupakan salah satu nagari (setingkat dengan desa) yang berada di Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Permasalahan yang ditemukan di Nagari Minangkabau adalah belum adanya sistem informasi dan kurang efisiennya sistem pengarsipan surat yang dilakukan secara manual. Dimana terkadang arsip surat tidak ditemukan di kotak arsip. Namun sudah tercatat dibuku arsip.

“Dengan permasalahan ini saya mengajukan program untuk pembuatan Aplikasi Pengarsipan Surat Berbasis Website dengan harapan dapat mempermudah kegiatan pengarsipan surat di Kantor Wali Nagari Minangkabau,” kata mahasiswa KKN Undip, Faridi di Tanah Datar, Rabu (17/2/2021).

Pembagunan Aplikasi Pengarsipan Surat Berbasis Website ini menerapkan model proses waterfall yang terstruktur dan sistematis dimulai dari requirement, design, implementation, testing dan maintenance. Dalam pengembangannya, aplikasi ini dikembangkan dengan bantuan framework CodeIgniter dan tools Xampp sebagai web server. “Selain itu, tools lain yang digunakan adalah aplikasi Visual Studio Code sebagai code editor,” katanya.

 Kegiatan requirement dan design dilakukan dengan sekretaris nagari terkait kebutuhan fitur aplikasi dan tampilan dari aplikasi.  Kemudian dilakukan proses implementasi berupa code program dalam pembuatan Aplikasi Pengarsipan Surat Berbasis Website.

“Lalu dilakukan presentasi progress dengan tujuan memperlihatkan progress aplikasi dan mendapatkan masukan dari Sekertaris Nagari,” ucapnya.

Setelah melakukan perabaikan dilakukan uji coba sekaligus pelatihan pengoperasian pada staf dan sekretasis Nagari. “Serta kami serahkan aplikasi ini pada Kantor Nagari Minangkabau,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-14 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES