Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Mahasiswa Undip Sosialisasikan Vertikal Garden untuk Ketahanan Pangan Keluarga

Rabu, 17 Februari 2021 - 13:16 | 22.85k
Mahasiswa KKN Undip, Analia Astuti mempraktekkan pembuatan vertikal garden pada warga Desa Pladen, Jekulo, Kudus, Rabu (17/2/2021). fo(Foto : Dok Undip)
Mahasiswa KKN Undip, Analia Astuti mempraktekkan pembuatan vertikal garden pada warga Desa Pladen, Jekulo, Kudus, Rabu (17/2/2021). fo(Foto : Dok Undip)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, KUDUS – KKN Tim 1 Undip Periode 2021 dilaksanakan di tempat domisili mahasiswa dengan mengusung tema tentang Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Covid-19 pada tujuan berkelanjutan (SDGs). Kondisi Remaja Desa Pladen, Kecamatan Jekolo, Kabupaten Kudus saat ini, karena adanya wabah pandemi Covid-19 membuat setiap kegiatan sekolah dilakukan secara daring, sehingga mereka banyak berada di rumah saja.

Banyak waktu manfaat yang terbuang percuma karena waktu sekolah hanya dipergunakan 2 jam per hari. Akibat kondisi ini, memunculkan ide tentang kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi kekosongan dan kebosanan para remaja, yaitu tentang pembuatan vertical garden secara sederhana.

“Manfaat dari program vertical garden ini yaitu, pembuatannya yang simple dan mudah tetapi tetap dapat menghasilkan jika jumlahnya banyak. Selain itu juga, vertical garden ini tidak membutuhkan lahan yang luas dan  hanya dengan barang bekas saja,” ungkap Analia Astuti, mahasiswa KKN Undip di Kudus, Rabu (17/2/2021).

Pelaksanaan program yang Analia Astuti bawakan yaitu mengenai tata cara pembuatan vertical garden dari botol bekas, yang nantinya botol tersebut mempunyai fungsi sebagai tempat penanaman sayuran. “Hasil dari vertical garden ini diharapkan bisa menjadi solusi ketahanan pangan rumah tangga di saat pendemi akibat harga sayur yang mulai naik,” kata mahasiswa Fakultas Teknik ini.

Sementara alat dan bahan yang dibutuhkan pembuatan vertical garden ini hanya botol bekas ukuran besar, tali, dan paku untuk melubangi botol.

Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh 5 orang remaja RT 04 RW 02 Desa Pladen yang mana di ajari tata cara pembuatan vertical garden dari botol bekas. Selain diajari juga, peserta di berikan biji sayuran dan brosur pembuatan vertical garden jika nanti pada saat dirumah ingin membuat lebih banyak. “Pembagian biji sayuran, dan brosur ini selain ke peserta juga diberikan ke warga sekitar, agar ketahanan pangan yang diharapkan dapat tercapai maksimal,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-14 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES