Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Pemberian Papan Nama oleh Mahasiswa Undip Ikut Lestarikan Sejarah

Rabu, 17 Februari 2021 - 10:58 | 33.06k
Mahasiswa KKN Undip, Imam Firmanullah memberikan papan nama pada situs peninggalan sejarah di Kelurahan Sendangguwo, Semarang, Rabu (17/2/2021). (Foto: Dok Undip)
Mahasiswa KKN Undip, Imam Firmanullah memberikan papan nama pada situs peninggalan sejarah di Kelurahan Sendangguwo, Semarang, Rabu (17/2/2021). (Foto: Dok Undip)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, SEMARANG – Tidak sedikit sejarah di tanah Jawa ini, dari penamaan daerah kadang kala berhubungan dengan sejarah yang pernah terjadi di lokasi setempat. Bahkan peninggalan-peninggalan sejarah pun masih tersimpan di daerah tesebut.

Namun selama ini tidak banyak tulisan sejarah pada wilayah yang kecil, seperti desa atau dusun. Selama ini hanya cerita dari mulut ke mulut, atau cerita leluhur.

Seperti yang terjadi di Kelurahan Sendangguwo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Di Kelurahan Sendangguwo sendiri banyak situs sejarah. Namun selama ini tidak banyak masyarakat yang mengerahuinya. Seperti Situs Punden Guwo yang terletak di RW 9 dan situs Punden Nyi Rebon yang terletak di RW 1 Kelurahan Sendangguwo.

Serta Situs Makam Pademangan yang terletak di RW 2, Situs Makam Padukuhan yang terletak di RW 1, Situs Makom Sentono Agung yang terletak di RW 5, Masjid As’Sajjad yang terletak di RW 10, dan Situs Sumur Sendang di RW 2 Kelurahan Sendangguwo.

“Maka untuk menunjukkan adanya situas perlu adanya papan nama dan papan penunjuk arah agar mudah ditemukan oleh warga yang ingin mengunjunginya,” kata mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip), Imam Firmanullah di Semarang, Rabu (17/2/2021).

Selain dapat dikunjungi situs-situs ini dapat dilestarikan, jika ada pembangunan pun akan dipertimbagkan untuk mempertahankan situs sejarah ini. “Selain itu generasi penerus juga akan mengetahui sejarah yang ada disekitar Sendangguwo sehingga bukti sejarah pendahulu masih terus lestari,” ungkap mahasiswa Jurusan Sejarah  ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-14 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES