Kuliner

Mengenal Ragam Jenis Bawang Daun dan Karakteristiknya

Kamis, 18 Februari 2021 - 05:23 | 379.11k
Bawang daun. (FOTO: Shutterstock)
Bawang daun. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTABawang daun biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan. Ada yang ikut dimasak, ada pula yang hanya menjadi taburan. 

Meski demikian fungsi utama bawang daun menambah nikmat masakan itu sendiri. Nah tapi tahukah Anda ternyata bawang daun ada beberapa jenis. 

Sebenarnya beda jenis beda pula rasa dan kegunaannya. Yuk kenalan sama ragam jenis bawang daun. 

1. Daun bawang

bawang daun 2FOTO: Shutterstock

Daun bawang ini merupakan sayuran dalam keluarga allium. Warna daun bawang ini hijau segar dengan akar putih berserabut. 

Bawang ini memiliki dua bagian, yaitu yang berwarna putih dan berwarna hijau.  Pada bagian batang punya rasa yang cenderung lebih manis. Sedangkan pada bagian hijau rasanya lebih lembut segar meski agak menyengat. 

Biasanya daun bawang digunakan sebagai campuran sup, tumisan, campuran gorengan dan membuat martabak telur. 

2. Bawang prei

bawang daun 3FOTO: Riaumandiri.co

Bentuk bawang prei mirip dengan daun bawang. Namun keduanya punya penggunaan dan karakter rasa yang berbeda. 

Bawang prei lebih manis, dengan aroma yang tidak terlalu menyengat. Ukuran bawang prei juga lebih besar dibanding dengan daun bawang. Meski begitu, penggunaan bawang prei ini dianjurkan bagian putih saja. 

Biasanya bawang prei digunakan untuk kaldu atau campuran salad. Ada juga yang menggunakannya untuk dijadikan drizzling dengan cara menumis atau memanggang. 

3. Kucai

bawang daun 4FOTO: K321/Shutterstock

Bentuk daun bawang kucai berbeda dengan beberapa saudaranya. Kucai lebih kecil dan ramping dengan daun berwarna hijau dari ujung hingga pangkal batang. 

Kucai punya rasa yang lebih kuat, dan aroma yang menyengat. Kucai atau chinese chives sudah digunakan oleh orang China sejak 3000 tahun lalu. 

Biasanya kucai digunakan dalam resep masakan China seperti aneka tumisan. Kucai dimasukkan dalam tumisan sesaat sebelum masakan matang. Tujuannya agar rasa dari kucai tetap mantap.

4. Lokio

bawang daun 5FOTO: beautynesia.id

Lokio atau daun bawang cung atau fresh chives. Sekilas daun bawang ini mirip dengan kucai. Namun lokio punya bonggol kecil berwarna putih yang mirip bawang merah. 

Lokio punya rasa yang lebih ringan dan tidak menyengat. Karena karakter rasa yang tidak terlalu kuat, lokio biasanya didajikan sebagai dressing. 

Nah jangan salah lagi ya, ternyata bawang daun punya beberapa jenis. Beda bentuk, beda rasa, beda pula kegunaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES