Pendidikan

Prof Roibin Resmi Jadi Guru Besar Pertama di Prodi IAT UIN Maliki Malang

Rabu, 17 Februari 2021 - 16:44 | 46.09k
Prof. Dr. H. Roibin, M. HI. Prodi IAT di Fakultas Syariah UIN Maliki Malang. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
Prof. Dr. H. Roibin, M. HI. Prodi IAT di Fakultas Syariah UIN Maliki Malang. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Prof Dr H. Roibin, MHI resmi menjadi Guru Besar pertama di Program Studi (Prodi) Ilmu Al-Qur an dan Tafsir (IAT) di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang). Prof Roibin dikukuhkan pada Rabu (17/2/2021).

"Gembira, senang dan sangat bersyukur kepada Allah bahwa title dan Guru Besar ini bukan saya raih dengan pendekatan keilmuan saja tetapi ini ada sekian besar merupakan persentasi dari ilham dari Tuhan," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Rabu (17/2/2021).

Roibin b

Ia menuturkan, keberhasilan dalam mencapai derajat dan kualifikasi maupun level Guru Besar bisa ia wujudkan karena tiga kekuatan yang dilakukan dengan bersinergi.

Yang pertama, kekuatan intelektual. Yang kedua, kekuatan sprititual. Dan yang ketiga, kekuatan emosianal. Hal itu ia lakukan agar dapat membangun komunikasi dalam mewujudkan menjadi Guru Besar.

"Yang memotivasi saya menjadi guru besar itu karena sudah menjadi tuntutan dan keniscayaan saya," ujar Guru Besar ketujuh di Fakultas Syariah ini.

Pria yang juga menjadi Guru besar kedua Bidang Dirasah ini menuturkan, hal lain yang memotivasinya menjadi Guru Besar pertama Prodi IAT UIN Maliki Malang yaitu karena di Fakultas Syariah membutuhkan daya dukung Guru Besar untuk menguatkan prodi.

Roibin c

Dengan lahirnya Guru Besar di prodi IAT maka prodi IAT akan memiliki legalisasi dan legitimasi secara otomatis oleh gelar Guru Besar itu. Ia pun berpesan kepada para kolega di IAT untuk tekun dalam menulis, harus tekun dalam berkarya terutama meneliti.

"Sebab dari bahan meneliti itu akan menjadi bahan data kuat yang akan kita teruskan dan itu akan bisa mengejar teman-teman yang ada di Fakultas untuk menjadi Guru Besar," ujar Prof Roibin usai dikukuhkan menjadi guru besar pertama Prodi IAT di Fakultas Syariah UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES