Pendidikan

Roihatul Mutiah, Guru Besar Termuda di UIN Maliki Malang

Rabu, 17 Februari 2021 - 16:41 | 65.06k
Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, M.Kes, Guru Besar UIN Maliki Malang sewaktu pengukuhan Guru Besar. (FOTO: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, M.Kes, Guru Besar UIN Maliki Malang sewaktu pengukuhan Guru Besar. (FOTO: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, M.Kes adalah guru besar termuda di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) yang dikukuhkan pada Rabu (17/2/2021). Gelar profesornya ia capai di usianya yang ke-40.

"Adapun yang memotivasi saya adalah karena saya ingin bermanfaat untuk institusi dan lebih maksimal dalam mengabdi," ujar Prof Roihatul Mutiah kepada TIMES Indonesia, Rabu (17/2/2021).

Roihatul-Mutiah-2.jpg

Prof Roihatul Mutiah menuturkan, menjadi guru besar merupakan cita-citanya sebagai seorang akademisi. Gelar profesor merupakan pangkat tertinggi seorang akademisi.

Keberhasilannya dalam meraih gelar tersebut adalah motivasi dari Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Abdul Haris yang sangat luar biasa. Rektor turut membantu dan mendorng dia meraih gelar tertinggi itu. 

"Alhamdulillah senang dan terharu karena Allah begitu mudahnya mengabulkan doa saya," ujarnya.

Ia berpesan kepada seluruh dosen di UIN Maliki Malang yang sudah memenuhi syarat untuk mengajukan guru besar untuk menyempatkan menulis jurnal. Tugas seorang dosen adalah Tridharma perguruan tinggi, yaitu di bidang pendidikan, penelitan/pengembangan dan pengabdian masyarakat.

Sebuah penelitian bila tidak ditulis akan terlewat dan tak akan diingat. Dengan penelitian, imbuh guru besar termuda UIN Maliki Malang ini, juga akan dapat meningkatkan pengembangan keilmuan para dosen agar ketika mendidik mahasiswa dapat berbasis dalam pengalaman. "Sehingga nantinya penelitian kita, terintegrasikan antara pendidikan dengan pengalaman kita," ujar Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, M.Kes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES