Politik

Akhiri Masa Jabatan Sebagai Bupati Jember, Faida Ajak Semua Pihak Turunkan Ego

Rabu, 17 Februari 2021 - 13:31 | 30.76k
Sertijab dari Bupati Jember Faida kepada Plh Bupati Jember Hadi Sulistyo yang merupakan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Jatim. (FOTO: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)
Sertijab dari Bupati Jember Faida kepada Plh Bupati Jember Hadi Sulistyo yang merupakan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Jatim. (FOTO: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Jatim, Hadi Sulistyo, resmi menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Jember. Hadi akan memimpin Jember selama beberapa hari hingga dilakukannya pelantikan terhadap Bupati-Wabup Jember terpilih, H. Hendy Siswanto-KH Muhammad Balyar Firjaun Barlaman (Gus Firjaun). 

Serah terima jabatan dilakukan dari Bupati Jember 2016 – 2021, dr Faida kepada Hadi Sulistyo di Pendopo Wahyawibawagraha pada Rabu (17/2/2021) pagi.

“Selamat bekerja kepada Plh Bupati, saya titipkan Jember. Terima kasih kepada seluruh pegawai Pemkab Jember, selama lima tahun kita bersama-sama. Jika ada kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,” ucap Faida saat memberikan sambutan. 

Hadi-Sulistyo.jpgBupati Jember periode 2016 - 2021 dr Faida memberikan sambutan dalam serah terima jabatan Bupati Jember kepada Plh Bupati Jember Hadi Sulistyo. (FOTO: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)

Menurut Faida, pergantian kepemimpinan adalah hal yang biasa.

Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk bersatu dan melupakan perbedaan politik pasca-Pilkada 2020 lalu.

“Tidak ada yang perlu ditangisi atau disesali, karena Allah telah mengatur segalanya dengan sebaik-baiknya,” ujar bupati perempuan pertama di Jember ini. 

Kepada awak media usai seremoni, Faida mengaku sangat terkesan selama lima tahun memimpin Jember.

“Masyarakat Jember luar biasa, patut diperjuangkan. Mari kita utamakan kepentingan masyarakat terutama masyarakat lemah. Turunkan egonya masing-masing,” tutur Faida. 

Setelah tak lagi menjabat, Faida mengaku ingin menikmati luangnya dengan berkumpul bersama keluarga dan orang dekat.

Faida-kiri-dan-Hadi-Sulistyo.jpgFaida (kiri) dan Hadi Sulistyo dalam wawancara dengan awak media usai melakukan Sertijab. (FOTO: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)

“Saya juga akan menekuni kerja sosial seperti sebelumnya,” kata alumnus Fakultas Kedokteran Unair ini. 

Adapun Hadi Sulistyo dalam sambutannya mengaku seperti pulang kampung.

Sebab, ia merupakan putra asli Jember. “Kebetulan saya teman SD dengan Bupati Jember terpilih, bapak Hendy Siswanto,” tutur Hadi. 

Sebagai Plh, Hadi mengaku hanya memiliki kewenangan yang terbatas selama beberapa hari.

“Saya tidak akan melakukan kebijakan-kebijakan yang membawa pengaruh pada konsekuensi hukum dan kepegawaian. Saya hanya menjalankan tugas keseharian. Jika ada yang bersifat strategis, saya akan konsultasikan ke Pemprov,” pungkas Hadi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Jatim, Hadi Sulistyo ditunjuk sebagai Plh Bupati Jember pada Selasa (16/2/2021) sore lalu. Penunjukan Hadi sebagai Plh dilakukan bersamaan dengan penunjukan Plh untuk 15 daerah lainnya di Jawa Timur, oleh Gubernur Khofifah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES