Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Belajar Mengaji Asyik di TPQ Nurul Mutaqin Bersama KSM-T Unisma Malang

Selasa, 16 Februari 2021 - 16:21 | 143.60k
Kegiatan mengajar di TPQ Nurul Muttaqin Lemah Duwur oleh Mahasiswa KSM Unisma. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan mengajar di TPQ Nurul Muttaqin Lemah Duwur oleh Mahasiswa KSM Unisma. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik Unisma Malang dilaksanakan di Desa Sitirejo, Wagir, Kabupaten Malang telah dimulai sejak 1 Februari 2021 hingga 30 hari ke depan.

Dalam kegiatan KSM ini mahasiswa saling tolong menolong dan bekerja sama dalam lingkungan bermasyarakat. Dalam 1 posko terdiri dari 10 mahasiswa yang di kelompokkan menjadi 5 devisi. Salah satunya devisi sosial, budaya, kesehatan dan agama.

Dalam kegiatan devisi sosial, budaya dan agama telah membuat program kerja salah satunya kegiatan mengajar TPQ Nurul Muttaqin Lemah Duwur yang bertempat di salah satu gedung TPQ tersebut. TPQ Nurul Muttaqin sendiri mempunyai 3 cabang dan lokasinya di Desa Sitirejo, Wagir.

Di setiap TPQ nya itu telah memiliki kurang lebih 40 murid yang sangat antusias untuk belajar. Untuk kegiatan TPQ ini dilakukan setiap Senin sampai Kamis pada jam 15.00-17.00 WIB. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang mengajarkan anak-anak membaca dan menulis huruf hijaiyah. Apabila muri-murid sudah lancar dalam membaca tulisan arab, lalu akan dilanjutkan pada pembelajaran Al Quran.

Mahasiswa KSM Unisma 2

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

TPQ Nurul Muttaqin mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk karakter anak sejak dini supaya menjadi pondasi bagi anak sehingga anak dapat membedakan mana yang harus diikuti dan mana yang harus dijauhi. Keberadaan TPQ sangat penting untuk menciptakan geresai Islam yang qurani.

Secara umum memberikan dampak positif dalam meneruskan generasi Islami apalagi dalam belajar Al-quran dalam melaksanakan proses belajar mengajar membaca dan menulis Al-quran untuk anak-anak guna meningkatkan pemahaman nilai keimanan dan ketaqwaan.

Seiring perkembangan zaman metode pembelajaran baca tulis Al Quran juga turut berkembang pada setiap TPQ, menggunakan metode yang berbeda-beda. Tetapi memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memudahkan belajar membaca dan menulis Al-quran.

Metode pembelajaran baca tulis Al Quran yang diterapkan di TPQ Nurul Muttaqin menggunakan metode an nahdiyah untuk permulaan. Selain mempelajari tentang metode an nahdiyah, TPQ Nurul Muttaqin juga mengajarkan tentang ilmu-ilmu agama Islam lainnya seperti belajar adzan, membaca surat-surat pendek, membaca doa-doa lainnya.

Setelah mengaji an nahdiyah TPQ Baiturrohman melaksanakan shalat Ashar berjemaah bersama dengan murid-murid TPQ. Setelah itu dilanjutkan mengaji Al-quran bagi murid yang sudah lancar membaca Arab.

Mahasiswa KSM Unisma 3

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dan salah satu metode pembelajaran yang diberikan oleh kawan-kawan KSM ini yaitu metode yang bertajuk Belajar Mengaji Asyik. Dimana isi dari pembelajaran tersebut yaitu dengan menggabungkan antara materi-materi yang diajarkan dengan permainan.

Seperti pada saat menjelaskan surah-surah dalam Al-Qur’an, disitu kami menjelaskannya dengan dibuatkan lagu supaya penyampaiannya menarik, dan pastinya disenangi oleh murid-murid TPQ yang notebanenya adalah anak-anak umur 3-8 tahun.

Selain itu juga anak-anak juga diajak bermain tebak-tebakan yang mana itu juga untuk melatih daya ingat maupun konsentrasi anak-anak tersebut. Program yang diberikan oleh mahasiswa Unisma Malang tersebut juga melihat tujuan awal daripada diselengarakan TPQ tersebut yakni menekankan pembelajaran baca tulis Al Quran sejak usia dini. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Anis Nahdiyah, dkk. Mahasiswa KSM Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES