Kesehatan

Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi Dapat Hibah Tanah untuk Pengembangan Kampus

Selasa, 16 Februari 2021 - 21:34 | 82.42k
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menandatangani penyerahan tanah hibah. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menandatangani penyerahan tanah hibah. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyerahkan hibah tanah seluas 24.000 m2 kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan. Hibah tanah tersebut digunakan untuk pengembangan kampus Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi.

Penyerahan hibah tanah tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah barang milik daerah antara Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Sekretaris BPSDMP Kementerian Perhubungan M. Yugihartiman di Pendopo Banyuwangi, Senin malam (15/2/2021).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas b

“Alhamdulillah setelah melewati proses yang panjang, akhirnya kami bisa merealisasikan janji untuk menghibahkan tanah bagi Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi. Kami berharap hibah tanah ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pengembangan API di Banyuwangi,” tutur Anas.

Dalam kesempatan itu, sekaligus dilakukan penandatanganan berita acara serah terima hibah barang milik negara oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, Mujiono, dan Direktur API Banyuwangi, Geny Luhung Prasojo.

Adapun lokasi tanah hibah yang diserahterimakan kepada API Banyuwangi tersebut berada di komplek Bandar Udara Banyuwangi di Desa Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari seluas 24.000 m2. Dengan nilai perolehan sebesar Rp1,58 miliar.

Sejak berdiri tahun 2013, API Banyuwangi telah menempati lokasi tanah hibah ini dengan mengantongi hak pakai tanah dari Pemkab Banyuwangi, sembari menunggu seluruh proses administrasi hibahnya rampung.

“Alhamdulillah tahun ini bisa rampung sehingga kita bisa melakukan proses serah terimanya,” kata Anas.

Dengan penyerahan hibah tanah ini, Anas berharap API Banyuwangi dapat berkontribusi pada pembangunan daerah.

“Kami berharap ke depan ada kolaborasi. Seperti yang telah kami lakukan dengan banyak pihak yang lain untuk mendorong kinerja pembangunan daerah. Misalnya, bersama Gojek kami membuat program pengantaran obat bagi warga miskin. Begitu juga dengan platform pendidikan Ruangguru, kami membuka bimbingan belajar online gratis bagi siswa hingga ke pelosok desa,” ujarnya.

Anas pun berharap agar pengembangan gedung baru API ke depan selain memenuhi fungsinya juga mengedepankan unsur estetika dengan mengusung arsitektur lokal.

“Selama ini bangunan-bangunan publik di Banyuwangi telah diwarnai dengan arsitektur khas lokal. Kami berharap hal yang sama juga dilakukan oleh API Banyuwangi, misalnya gedung dibangun menggunakan arsitektur rumah Osing. Lansekapnya juga dibikin ramah lingkungan sehingga klop dengan konsep green airport yang letaknya bersebelahan dengan kampus API,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris BPSDMP M. Yugihartiman menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Banyuwangi kepada API Banyuwangi.

“Kami sangat berterima kasih karena Pemkab yang telah menghibahkan asetnya guna mendukung pengembangan kampus kami. Semoga hibah ini dapat menunjang proses pendidikan dan pelatihan API,” ujarnya.

Yugihartiman juga menyatakan siap berkolaborasi mendukung pembangunan daerah. "Kami siap bersinergi mendukung program-program Pemkab Banyuwangi,” pungkas usai acara penyerahan hibah tanah untuk pengemvangan kampus Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES