Tekno

Mengenal Aplikasi Clubhouse yang Makin Populer di Indonesia

Selasa, 16 Februari 2021 - 19:40 | 64.30k
Ilustrasi. Aplikasi Clubhouse. (Foto: qz.com)
Ilustrasi. Aplikasi Clubhouse. (Foto: qz.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAplikasi Clubhouse mulai ramai diperbincangkan oleh warganet di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Aplikasi obrolan suara ini sukses mencuri perhatian setelah Elon Musk, CEO SpaceX yang juga orang terkaya di dunia.

Clubhouse merupakan aplikasi media sosial yang berbasis obrolan suara. Aplikasi Clubhouse lebih fokus pada konten audio untuk berinteraksi.

Hal menarik dari Clubhouse, aplikasi ini digunakan untuk mendengar obrolan, wawancara, atau diskusi mengenai berbagai topik secara langsung (live). 

Sayangnya aplikasi ini belum dapat digunakan pemakai android. Aplikasi Clubhouse baru dapat digunakan oleh pengguna iOS dan tidak bisa secara langsung membuat akun dan mendengarkan konten yang tersedia.

Untuk bisa mengakses, Anda terlebih dahulu harus mempunyai akun di Clubhouse. Setelah punya akun, Anda akan menerima rekomendasi obrolan yang akan terjadi dalam waktu dekat. 

Dilansir dari Suara, rekomendasi tersebut didasarkan pada pemilihan yang Anda lakukan saat awal pendaftaran, sehingga topik yang disukai akan lebih sering muncul.

Anda bisa bergabung dalam panggilan bersama, dan mendengar materi yang disampaikan oleh narasumber. Hanya beberapa orang yang berbicara, selebihnya menjadi pendengar.

Di situlah aplikasi Clubhouse bernilai, dari meeting dan podcast yang disiarkan. Anda hanya bisa bergabung dengan undangan pengguna/user lain, dan topik yang dibicarakan berasal dari sumber yang dapat dipercaya. 

Perlu diketahui, Anda tidak bisa mengunduh dan membuat akun aplikasi Clubhouse secara langsung. Anda harus mendapat ajakan terlebih dahulu yang disampaikan oleh pengguna lain, melalui layanan pesan singkat.

Dikutip dari Suara, ekslusivitas yang dimiliki Clubhouse dinilai menjadi dasar kuat mengapa valuasi dari aplikasi ini begitu besar. Di beberapa negara, undangan pengguna baru Clubhouse sampai diperjualbelikan. 

Undangan itu memang bernilai cukup tinggi, mengingat konten yang ada di aplikasi Clubhouse yang berbobot. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES