Politik

Partai Golkar Bantul Gelar Fit and Proper Test Calon Ketua Kapanewon

Selasa, 16 Februari 2021 - 18:08 | 31.69k
Pelaksanaan tes tertulis. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Pelaksanaan tes tertulis. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTUL – DPD Partai Golkar Kabupaten Bantul menggelar Fit and Proper test (Uji Kelayakan dan Kepatutan) calon Ketua Kapanewon.

51 kandidat dari 17 Kapanewon mengikuti tes yang digelar di Pendopo Gandung Pardiman Center Karang Tengah Imogiri Bantul Selasa (16/2/2021). Dua peserta tidak hadir karena tidak mendapat izin dari tempat kerja dan sakit. 

golkar b

Ketua DPD Partai Golkar Bantul Paidi memastikan kegiatan ini sebagai tindak lanjut Musda DPD Partai Golkar Bantul yang mengamanatkan pembentukan pengurus di tingkat Kapanewon dan Kalurahan sebagai bentuk konsolidasi internal partai menghadapi pemilu 2024. 

Berdasarkan hasil musyawarah di tingkat Kapanewon terpilih 3 orang dari setiap Kapanewon yang berhak mengikuti tes.  Perwakilan ini tak harus kader atau pengurus partai. Namun bisa simpatisan yang memenuhi kriteria berusia maksimal.45 tahun dan memiliki ijazah S-1. 

Paidi mengaku sengaja memilih generasi muda sebagai pengurus partai. Selain ingin menggaet suara milenial yang prosentasenya besar di pemilu, juga bertujuan melakukan kaderisasi pengurus Partai Golkar di Bantul.

Hal ini mengingat sebagian besar pengurus saat ini sudah lanjut usia. "Jangan sampai regenerasi terputus" tegas Paidi. 

Ketua panitia Heru Sudibyo memastikan tes diawali dengan pemberian materi dari pengurus DPD Partai Golkar DIY. Meliputi kepemimpinan, wawasan dan kepartaian. Berdasarkan materi akan diberikan 7 pertanyaan tertulis. Selanjutnya dari jawaban peserta akan dilakukan tes wawancara. 

Peserta dengan hasil penilaian terbaik akan terpilih sebagai ketua Partai Golkar Kapanewon. Sedangkan dua peserta lainnya akan menjadi sekretaris dan bendahara.

golkar c

Heru mengaku berdasarkan data sebagian besar peserta merupakan bibit -bibit terbaik di setiap Kapanewon. Seperti Ketua Karang Taruna dan Ketua Pemuda.

Kegiatan dibuka secara simbolis oleh Ketua DPD Partai Golkar DIY Gandung Pardiman. Dalam sambutannya Gandung Pardiman berharap momentum kebangkitan Partai Golkar yang ditandai meningkatnya suara berdasarkan hasil survei.

Partai Golkar memperoleh 16,1 persen suara. Hanya berselisih 0,6 persen dari PDIP yang meraih suara terbanyak. Berdasarkan hasil survei ini, bukan sesuatu yang sulit bagi Partai Golkar untuk kembali meraih kejayaan.

Di Kabupaten Bantul, kejayaan diyakini juga dapat diraih dengan kembali memperkuat jaringan hingga ke tingkat RT. Sehingga target Partai Golkar untuk meraih 7 kursi pada pemilu 2024. Dengan 5 kursi merupakan suara utuh dapat tercapai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES