Politik

DPR RI-Polbangtan Malang Gelar Bimtek untuk Petani dan Penyuluh

Minggu, 14 Februari 2021 - 20:34 | 31.64k
Plt Direktur Polbangtan Malang Dr Bambang Sudarmanto saat menjadi narasumber bimtek untuk petani dan penyuluh pertanian di Tulungagung, Minggu (14/2/2021). (FOTO: Humas Polbangtan Malang)
Plt Direktur Polbangtan Malang Dr Bambang Sudarmanto saat menjadi narasumber bimtek untuk petani dan penyuluh pertanian di Tulungagung, Minggu (14/2/2021). (FOTO: Humas Polbangtan Malang)

TIMESINDONESIA, TULUNGAGUNG – Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) yang berada di bawah BPPSDMP Kementerian Pertanian, bekerja sama dengan DPR RI mengadakan bimbingan teknis (bimtek) untuk petani dan penyuluh pertanian.

Kegiatan bimtek yang berlangsung selama sehari pada Minggu (14/2/2021) ditujukan untuk meningkatkan kapasitas para pelaku utama di sektor pertanian yakni petani dan penyuluh. Sebanyak 80 orang menjadi peserta bimtek, terdiri atas 70 petani dan 10 PPL (Penyuluh Pertanian Lapang).

Acara yang digelar di Crown Victoria Hotel, Tulungagung menghadirkan narasumber, di antaranya Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini, dan Plt. Direktur Polbangtan Malang Bambang Sudarmanto. Hadir pula Kepala Dinas Pertanian Kab. Tulungagung, dan Aliansi Petani Indonesia (API) Jawa Timur sebagai narasumber.

Dalam bimtek tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini memaparkan soal pentingnya penyuluh dan petani yang kreatif, inovatif, dan berdaya. Karena, menurutnya, sektor pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi, dan pengentasan kemiskinan.

Sementara itu, Plt Direktur Polbangtan Malang Dr Bambang Sudarmanto mengatakan bahwa SDM Pertanian perlu mendapat prioritas program pembangunan pertanian. "Salah satunya dalam bentuk pelatihan (bimbingan teknis) peningkatan kapasitas  petani dan penyuluh pertanian untuk meningkatkan kualitas SDM," ujarnya.

Plt Direktur Polbangtan Malang berharap, kegiatan bimtek tersebut dapat meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh pertanian dalam aspek manajerial, teknis dan sosial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES