Politik

Warung Aspirasi, Penghubung Masyarakat Tasikmalaya dengan Pemerintah

Senin, 15 Februari 2021 - 19:23 | 57.12k
Warung Aspirasi oleh Dede Muharam, Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya (FOTO: Dok. Asep Ugar)
Warung Aspirasi oleh Dede Muharam, Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya (FOTO: Dok. Asep Ugar)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Kini masyarakat Kota Tasikmalaya bisa lebih mudah menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. Pasalnya, Dede Muharam selaku Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah membuka Warung Aspirasi.

Warung Aspirasi ini dibuka pada Jumat (12/2/2020) silam dan bertempat di Jl Ahmad Yani Kota Tasikmalaya.

"Seperti namanya, tempat ini sebagai jembatan antara masyarakat dengan pemerintah dalam menyelesaikan segala persoalan yang ada. Dengan berkomunikasi secara terbuka di sini diharapkan tidak ada sekat di antara masyarakat awam dan pemerintah yang duduk di DPRD," jelas Dede Muharam.

Warung-Aspirasi-oleh-Dede-Muharam-2.jpg

Warung Aspirasi ini bertujuan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat Tasikmalaya untuk menyampaikan aspirasi berupa gagasan, saran, harapan, dan tujuan masyarakat terkait persoalan-persoalan daerah untuk keberhasilan pembangunan Kota Tasikmalaya pada masa mendatang.

"Sebagai bagian dari pilar demokrasi, kami selaku anggota dewan membutuhkan masyarakat agar informasi yang didapat lebih objektif secara langsung. Begitupun sebaliknya, masyarakat juga ingin didengar aspirasinya sehingga terciptalah komunikasi yang terbuka," paparnya.

Kendati pun pemerintah dapat menampung aspirasi masyarakat melalui mekanisme reses, tetapi hal itu hanya dapat dilakukan 3 kali dalam setahun. Sedangkan, dinamika kehidupan di masyarakat terjadi setiap hari.

Berdasarkan landasan itulah Warung Aspirasi diluncurkan agar komunikasi tidak terhambat. Reses adalah masa di mana anggota dewan melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama di luar gedung.

Misalnya melakukan kunjungan kerja, baik yang dilakukan anggota secara perseorangan maupun secara berkelompok. Mungkin istilah ini cukup asing bagi orang awam. Namun bagi para anggota dewan, reses adalah masa yang ditunggu.

Adanya Warung Aspirasi ini sebagai fungsi advokasi pemerintah dengan melakukan edukasi politik, sehingga persoalan yang ada di masyarakat bisa terselesaikan. "Kami akan terus memperjuangkan hak masyarakat agar bisa hidup sejahtera," sambungnya.

Dalam peluncurannya, Warung Aspirasi mengundang masyarakat yang ekonominya masih kurang sejahtera seperti tukang becak dan kusir delman di Kota Tasikmalaya untuk makan bersama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES