Politik

DPRD Jatim Apresiasi Desa Pandanrejo Kota Batu sebagai Destana

Senin, 15 Februari 2021 - 18:38 | 30.85k
Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih saat menyerahkan bantuan masker dan bibit pohon kepada Camat Bumiaji, Bambang Hari Suliyan SSTP (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih saat menyerahkan bantuan masker dan bibit pohon kepada Camat Bumiaji, Bambang Hari Suliyan SSTP (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih memberikan apresiasi terhadap pembentukan Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu, sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana).

Ia berharap pembentukan desa tangguh bencana ini tidak hanya sebatas formalitas tanpa manfaat. Sebaliknya keberadaan masyarakatnya yang tangguh terhadap bencana bisa mengurangi potensi bencana yang terjadi di Desa Pandanrejo.

Hikmah-Bafaqih-2.jpg

Hikmah Bafaqih berharap agar para perwakilan masyarakat Desa Pandanrejo yang terlibat dalam pembentukan desa bersungguh-sungguh dalam pengurangan resiko bencana.

"Mari kebiasaan ini ditradisikan, jangan hanya karena ada pandemi covid-19 kita seperti ini, tapi ada atau tidak ada bencana kita siap lahir batin," kata Hikmah Bafaqih.

Dalam kesempatan itu, Hikmah bersama-sama Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim, Gatot Soebroto menyerahkan bantuan masker dan bibit pohon untuk warga Desa Pandanrejo.

Hadir juga dalam pembentukan desa bencana tersebut, Camat Bumiaji, Bambang Hari Suliyan SSTP dan Kades Pandanrejo Abdul Manan.

Hikmah-Bafaqih-3.jpg

Dalam kesempatan itu, Hikmah memuji langkah BPBD yang terus melakukan upaya pengurangan risiko bencana dengan cara mengedukasi dan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Termasuk upaya BPBD melakukan edukasi masyarakat dengan menggandeng sejumlah relawan, seperti Forum Pengurangan Resiko Bencana dan menguatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi segala resiko bencana yang ada.

Sementara itu Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Batu, Gatot Noegroho menjelaskan bahwa Desa Pandanrejo dipilih sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana)

Di Kota Batu terdapat 15 desa/kelurahan destana. Saat ini, akan dilakukan penambahan empat desa/kelurahan sebagai destana. Keempatnya meliputi, Desa Bumiaji, Desa Oro-oro Ombo, Desa Tlekung dan Desa Beji. Inilah yang diapresiasi DPRD Jatim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES