Olahraga

Ilkay Gundogan, False Nine Baru Andalan Josep Guardiola

Senin, 15 Februari 2021 - 00:25 | 70.83k
Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan. (FOTO: POOL/AFP via Getty Images)
Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan. (FOTO: POOL/AFP via Getty Images)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIlkay Gundogan sedang onfire di awal tahun 2021 ini. Diposisikan sebagai False Nine, gelandang berkebangsaan Jerman itu menjadi haus gol.

Ketiadaan Kevin de Bruyne yang cedera rupanya tak membuat juru taktik Manchester City, Josep Guardiola kebingungan. Posisinya cukup apik digantikan oleh Gundogan sebagai False Nine atau striker bayangan. Sembilan gol dari semua ajang di asal tahun 2021 ini menjadi pembuktiannya.

"Ketika Fernandinho absen dua musim lalu, dia adalah seorang gelandang bertahan. Sekarang dia bermain lebih dekat dengan striker dan dia memiliki kemampuan dalam pergerakan di kotak penalti dan penyelesaian yang apik," kata Pep mengenai moncernya mantan pemain Borussia Dortmund tersebut.

Pemain berusia 30 tahun tersebut merupakan jebolan akademi Vfl Bochum. Setelah bermain untuk tim kedua Bochum dan FC Nurnberg, potensinya kemudian tercium Dortmund. Ketika itu si Kuning masih dilatih oleh pelatih Liverpool saat ini, Jurgen Klopp.

Polesan Klopp mulai terasa dalam  permainan Gundogan. Pemanggilan dari Timnas Jerman menjadi pembuktiannya. Pencapaian terbaik pemain keturunan Turki ini yakni ketika membawa Dortmund juara Bundesliga pada musim 2011-2012 .

Setelah kepergian Klopp pada 2015 ke Inggris, Gundogan masih bertahan hingga tahun 2016. Kemudian petualangannya berlanjut ke Liga Inggris, namun bukan untuk menyusul sang mentor di Liverpool melainkan bersama Josep Guardiola di Manchester City.

Patut dinantikan, apakah kemonceran Ilkay Gundogan akan berlanjut hingga akhir musim nanti dan membawa Manchester City merebut trofi juara. Patut dinantikan juga ketika Kevin de Bruyne kembali merumput tugasnya sebagai False Nine akan terus diembannya atau malah melempem. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES