Kesehatan UIN Malang

Cegah Serangan Jantung pada Penderita Diabetes, Ini Tips Dosen FKIK UIN Maliki Malang

Senin, 15 Februari 2021 - 07:18 | 115.72k
dr. Iwal Reza Ahdi, Sp. PD, Dosen FKIK UIN Maliki Malang. (Foto: Iwal Reza Ahdi For TIMES Indonesia)
dr. Iwal Reza Ahdi, Sp. PD, Dosen FKIK UIN Maliki Malang. (Foto: Iwal Reza Ahdi For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), dr Iwal Reza Ahdi, SpPD menyatakan jika penderita diabetes memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung.

Lulusan Spesialis Ilmu Penyakit Dalam FK Universitas Brawijaya ini menuturkan, sebenarnya serangan jantung dapat dicegah pada penderita diabetes. Ia memberikan 4 tips untuk mencegah serangan jantung pada penderita diabetes.

Banyak Makan Sayur dan Buah

buah-sayur.jpgFOTO: Shutterstock

Hindari lemak jenuh dan hindari makanan yang mengandung banyak kolesterol. Buah yang disarankan adalah buah yang segar meskipun manis, buah aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kurangi Konsumsi Karbohidrat

karbohidrat.jpgFOTO: Shutterstock

Adapun cara untuk mengurangi konsumsi karbohidrat yaitu nasi seperempat piring, lauk seperempat piring, dan sayur setengah piring 

Lakukan Aktivitas Fisik Dengan Rutin 

aktivitas-fisik.jpgFOTO: Shutterstock

Adapun cara untuk melakukan aktivitas fisik dengan rutin yaitu dengan 20 menit dalam 3x perminggu jalan cepat, senam atau bersepeda, dan hindari aktivitas dengan beban berat seperti angkat besi. 

Kontrol Gula Darah Secara Teratur

gula-darah.jpgFOTO: Shutterstock

Kontrol gula darah secara teratur dengan periksa ke dokter atau menggunakan alat cek gula mandiri dan pastikan gula darah berada pada kisaran <200 mg/dL. Apabila gula darah tinggi, maka konsutasikan dengan dokter dan konsumsi obat yang disarankan.

"Periksakan fungsi jantung secara berkala dengan rekam jantung di fasilitas kesehatan terdekat dan yang paling penting nikmatilah hidup dengan banyak bersyukur dan beribadah untuk menghindari stress," pesan Dosen FKIK UIN Maliki Malang ini untuk penderita diabetes menghindari risiko serangan jantung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES