Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Aspal Amblas, Muncul Lubang Besar di Klemuk Songgoriti Kota Batu

Minggu, 14 Februari 2021 - 15:09 | 782.08k
Sebuah video tentang putusnya jalan Songgoriti di Kota Batu beredar di WhatsApp Grup (WAG), Minggu (14/2/2021). (Tangkapan layar TIMES Indonesia)
Sebuah video tentang putusnya jalan Songgoriti di Kota Batu beredar di WhatsApp Grup (WAG), Minggu (14/2/2021). (Tangkapan layar TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah informasi tentang putusnya jalan di kawasan Songgoriti di Kota Batu beredar di WhatsApp Grup (WAG), Minggu (14/2/2021). Informasi dalam bentuk video berdurasi 00:22 detik ini menampilkan lubang besar di tengah jalan. 

Dalam video tersebut terlihat sejumlah warga berkumpul melihat kondisi jalan berlubang yang misterius tersebut. Dalam Video tersebut terdapat keterangan sebagai berikut:

Jalan Songgoriti arah Klemuk ambles

CEK FAKTA aspal amblas 2Sumber: Tangkapan layar WhatsApp Grup

Informasi dengan video yang sama juga muncul dengan narasi berikut:

Hati Hati kalau lewat lagi dari arah Pujon ke Batu lewat Klemuk. Jalan aspalnya amblas

CEK FAKTA aspal amblas 3Sumber: Tangkapan layar WhatsApp Grup

CEK FAKTA

Menurut penelusuran TIM Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi jalan Songgoriti arah Klemuk ambles tidak benar. Sebab, video yang diinformasikan tersebut bukan fakta yang sebenarnya.

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video tersebut bukan terjadi di Jalan Songgoriti arah gunung Klemuk, melainkan di ‎Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. 

Video lubang besar tersebut, merupakan dokumentasi dari lubang besar muncul di ruas jalan provinsi di Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes usai banjir yang menerjang wilayah setempat, Sabtu (13/2/2021).

Lubang ‎tersebut memiliki diameter 5 meter dan kedalaman 6 meter. Ruas jalan tersebut berlubang setelah gorong-gorong saluran air yang berada di bawah jalan terbawa arus sungai yang banjir.

CEK-FAKTA-aspal-amblas-4.jpgSumber: Bikin Merinding! Penampakan Lubang Besar yang Putuskan Jalur Brebes-Tegal | Suara Jateng

Sementara itu, menurut konfirmasi dari Kepala Dinas PUPR Kota Batu, Alfi Hidayat menyebutkan bahwa lubang tersebut tidak berada di Kota Batu, Jawa Timur.

"Menanggapi berita viral tentang jalan ambles di medsos, perlu kami klarifikasi klo berita ini tidak benar adanya (lokasi kejadian bukan di Kota Batu Jawa Timur). Saat ini Tim DPUPR Kota Batu sedang mobiling/ berkeliling untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan di Kota Batu. Terima kasih,"  ujarnya menanggapi video yang beredar, Minggu (14/2/2021).

CEK-FAKTA-aspal-amblas-5.jpgSumber: Beredar Video Aspal Amblas di Klemuk Songgoriti, Kepala DPUPR Kota Batu: Tidak Benar! | TIMES Indonesia

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelusuran tim Cek Fakta, dapat disebutkan bahwa informasi Jalan Songgoriti arah Klemuk ambles, tidak benar. Pihak Dinas Pemerintah Kota Batu pun telah memberikan konfirmasi bahwa peristiwa tersebut bukan terjadi di Kota Batu.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, konten tersebut masuk ke dalam kategori Misleading content atau konten menyesatkan. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES