Gaya Hidup

Memelihara Ikan Hias, Jadi Salah Satu Aktivitas Asyik Selama 'Di Rumah Saja'

Minggu, 14 Februari 2021 - 15:16 | 62.75k
Apriansyah penghobi Ikan Louhan (Foto:TIMES Indonesia/Novrico Saputra)
Apriansyah penghobi Ikan Louhan (Foto:TIMES Indonesia/Novrico Saputra)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Pandemi Covid-19 membuat mendorong masyarakat untuk melakukan aktivitas masyarakat di rumah saja. Menghias dan mempercantik rumah dengan ikan hias adalah salah satu pilihannya.

Akibatnya, penjualan ikan hias saat ini lagi naik daun di Pagaralam. Memelihara ikan hias mulai tren kembali. Bisnis ikan hias moncer kembali. 

Salah satu ikan hias yang lagi diburu warga adalah Ikan Louhan. Ikan hias yang identik dengan kepalanya yang besar dan bulat ini tengah menjadi primadona warga. meski sebenarnya harganya agak mahal.

“Banyak ikan Louhan jenis baru yang muncul hasil dari proses persilangan yang dilakukan oleh para pecinta ikan hias. Harga ikan Louhan pun bervariasi. Dari yang masih ukuran 2-3 cm sudah ada yang mencapai harga jutaan rupiah untuk kualitas super,” ungkapnya.

Louhan-2.jpg

Alhasil, peminat ikan Louhan menjadi banyak bermunculan dari masyarakat awam sekalipun. Hingga saat ini, tempat budidaya ikan Louhan cukup mudah untuk bisa ditemui. Pemeliharaannya yang tidak sesulit Ikan Arwana atau Ikan Discuss, membuat para pehobi ikan ini selalu bertambah, khususnya di Kota Pagaralam.

Sebut saja misalnya di kediaman Apriansyah, salah satu penghobi Louhan, di komplek perumahan Grand Muya Jalan Depati Renasin Rt 14 Kelurahan Bangun Rejo, Minggu,(14/02/2021).

Koleksi milik Apriansyah kebanyakan ukuran dengan 18-20 cm. Sudah kelihatan ukuran dan bentuk dari ikan Louhan tersebut. "Jenis ikan Louhan yang saya pelihara, Louhan Cencu yang asli Indonesia dan Louhan Kamfa hasil dari silangan berasal Thailand karena mudah untuk dipelihara dan mempunyai nilai yang ekonomis," ungkapnya.

Tidak sedikit para pehobi ikan hias di Pagaralam yang sudah bisa mengembangbiakan (breeding) ikan Louhan dengan hasil yang cukup berkualitas, tak perlu repot mendatangkan dari luar kota. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES