Politik

Unik, Pemilihan Ketua Nelayan di Gresik Rasa Pemilu

Jumat, 12 Februari 2021 - 16:50 | 34.79k
Pemilihan ketua nelayan layaknya pemilu (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Pemilihan ketua nelayan layaknya pemilu (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Jika biasanya pemilihan berlangsung dengan musyawarah mufakat, di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur, pemilihan ketua nelayan dilaksanakan seperti pemilu.

Karena saat pandemi Covid-19, protokol kesehatan sangat diperhatikan. Sebelum memasuki tempat pemungutan suara (TPS), pemilih dicek suhu tubuh dan diwajibkan bermasker serta menjaga jarak.

Pemilihan ketua nelayan layaknya pemilu b

Panitia pemilihan, Mas Hudin mengatakan pihaknya sengaja menggelar pemilihan ini untuk memilih ketua baru. Hal ini sebagai wujud penerapan demokrasi hingga tataran paling bawah.

"Pemilihan ketua nelayan ini baru yang pertama kali kita gelar sejak 34 tahun lalu. Sengaja diatur seperti pemilu pada umumnya agar transparan. Ini juga keinginan anggota," katanya, Jumat (12/2/2021).

Para anggota nelayan satu persatu memilih calonnya. Setelah antre, panitia pemungutan memberikan kertas suara. Layaknya gelaran pemilu, pemilih juga mencoblos kemudian dimasukan ke bilik suara.

Udin menyatakan untuk menambah antusias pemilih, panitia sengaja mengatur seperti pemilu pada umumnya sebagai bentuk implementasi pemilihan agar jujur, adil dan transparan.

"Yang kita contoh pilihan Pak Kades yang dipilih masyarakat secara langsung. Intinya tetap menerapkan prokes. Diharapkan ke depan agar lebih baik, organisasi nelayan bisa tetap eksis dan menambah manfaat," tambahnya.

Dalam pemilihan ini, diungkapkan Udin diikuti oleh dua calon, yakni Ainur Rofiq dan Muhammad Tolib. Dari 313 hak suara, ada 285 pemilih. Rofiq mendapat 131 suara, sedangkan Tolib mendapatkan 92 suara. Sedangkan 59 suara tidak sah.

Pemilihan ketua nelayan layaknya pemilu c

Kepala Desa Banyuurip Ihsanul Haris berharap pemilihan ini bisa menjadi momentum kebangkitan nelayan sehingga organisasi lebih bermartabat dan maju.

Ihsan menuturkan selama puluhan tahun, baru kali ini ada pemilihan ketua nelayan selayaknya pemilu pada umumnya. "Kami tentu berharap ke depan organisasi nelayan lebih baik lagi," ujarnya menanggapi pemilihan ketua nelayan di Gresik rasa pemilu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES