Gaya Hidup

Tips Cerdas Olah Lobak Putih Tanpa Langu dan Pahit

Sabtu, 13 Februari 2021 - 04:08 | 820.62k
Lobak putih. (foto: Pexels/Daria Shevtsova)
Lobak putih. (foto: Pexels/Daria Shevtsova)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lobak putih salah satu sayuran yang biasanya diolah menjadi sup hangat. Namun beberapa orang merasa enggan memasak bahan lobak putih karena selalu menyisakan aroma langu atau bahkan rasa yang pahit. 

Ternyata mengolah lobak putih tidak bisa sembarangan lho. Jika salah cara mengolahkan ya akan tersisa aroma lagu dan rasa pahit. 

Nah berikut tips mengolah lobak putih yang telah dirangkum dari berbagai sumber

1. Pilih lobak yang tepat

Lobak muda punya rasa yang lebih segar dan tekstur renyah. Sedangkan lobak tua rasa cenderung pahit dan langu. Meski demikian lobah yang tidak terlalu tua dengan rasa dan aroma tersebut masih dapat disiasati. 

Pilih juga lobak yang berwarna putih cerah ya. Karena lobak tersebut terbilang masih baru panen dan memiliki usia yang belum terlalu tua. 

Selain itu, raba permukaan lobak untuk menakar teskturnya. Pilihlah lobak yang cenderung keras, tak banyak berbintik hitam, tak keriput, serta kulitnya tak tampak kering (melainkan halus dan segar).

2. Cuci lobak

Cuci lobak dengan air yang mengalir ya. Karena termasuk jenis umbi-umbian, jadi penting untuk menggosok seluruh permukaan lobak hingga bersih. 

3. Buang pangkal lobak

Setelah bersih, buang pangkal lobak dan dikupas. Ini akan memudahkan Anda mengupas sekaligus memotong lobak.

4. Rendam dengan air garam

Setelah dikupas dan dipotong segera rendam lobak dalam air garam. Hal ini berfungsi menghilangkan getah dan menekan aorma langu pada lobak. 

5. Rebus pakai teknik blanching

Rebus lobak menggunakan teknik blanching, yaitu memasukkan lobak pada air mendidih dan direbus sebentar saja. Tujuannya agar tekstur lobak tidak rusak sekaligus menghilangkan rasa pahit yang mungkin saja masih tertinggal. 

6. Olah lobak dengan bumbu yang kuat 

Meski telah dicuci dan direbus dengan taknik blanching, bisa saja masih ada sisa pahit dan aroma langu pada lobak putih. Nah cara menyiasati selanjutnya adalah dengan menggunakan bumbu aromatik yang kuat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES