Kesehatan

Lobak Putih, Sayur dari China yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Sabtu, 13 Februari 2021 - 02:42 | 133.38k
Lobak putih. (foto: hellosehat)
Lobak putih. (foto: hellosehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTALobak putih merupakan sayuran dari kelompok kol atau kubis. Maka jangan heran jika sayuran tersebut unya rasa dan tekstur yang mirip. Sayur ini kerap diolah sebagai campuran sup.

Sayur ini sebenarnya berasal dari China. Namun kini telah dibudidayakan di Indonesia. Lobak putih kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti karbohidrat, protein, lemak, serat dan ragam vitamin. 

Lantas apa saja manfaat lobak putih?

1. Menurunkan berat badan

1

Lobak putih mengandung serat yang banyak sehingga dapat mengikat lemak yang menumpuk dalam tubuh, Selain itu serat dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sekaligus memperbaiki pencernaan. 

2. Menjaga kesehatan jantung

2

Berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menyebutkan lobak putih mengandung antioksidan tinggi jenis flavonoid. 

Flavonoid berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah risiko serangan jantung dan penyakit stroke.

Selain itu, kandungan antioksidan jenis flavonoid yang terdapat pada lobak putih juga bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung dan pembuluh darah. Hal ini pun dibuktikan dalam berbagai studi, bahwa senyawa flavonoid dapat bekerja secara efektif dalam menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner maupun penyakit stroke.

3. Mencegah kanker

3

Lobak putih juga mengandung antioksidan jenis isothiocyanate. Antioksidan ini bertugas melindungi diri dari radikal bebas. 

Tak itu saja, senyawa ini juga dapat membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker maupun tumor. Vitamin C dalam lobak putih juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

4. Turunkan darah tinggi

4

Kalium yang terdapat pada lobak putih dapat membantu menekan efek samping dari kadar natrium berlebih yang menyebabkan tekanan darah tinggi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES