Gaya Hidup

4 Tips Memilih Sepatu Gunung yang Nyaman

Jumat, 12 Februari 2021 - 00:21 | 110.77k
Kegiatan mendaki gunung . (foto: Dok.TIMES Indonesia)
Kegiatan mendaki gunung . (foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kegiatan luar ruang seperti naik gunung (hiking) memang menyenangkan. Selain dapat menghirup udara segar, pemandangan yang ditawarkan diatas gunung sungguh memesona. Hobi naik gunung tentunya harus diimbangi dengan peralatan yang mumpuni. Salah satunya sepatu gunung yang nyaman. 

Sayangnya banyak pendaki yang belum cermat dalam memilih sepatu gunung. Akibatnya kaki terasa sakit bahkan lecet saat mendaki. 

sepatu gunung

Lantas bagaimana cara memilih sepatu gunung  yang nyaman? 

1. Ukuran besar

Saat Anda akan membeli sepatu gunung, pilih ukuran yang lebih besar dari sepatu lainnya. Misalnya jika sehari-hari Anda menggunakan sepatu berukuran 40, maka pilih sepatu gunung nomer 41-42. 

Ukuran sepatu gunung yang lebh besar dapat membuat kaki lebih nyaman saat jalan mendaki maupun turun. Ujung jari kaki tidak terlalu terhimpit oleh sepatu. 

Selain itu Anda dapat menggunakan kaus kaki yang lebih tebal saat mendaki. Ini akan membuat kaki tetap hangat dan empuk. 

2. Leher sepatu empuk

Tips selanjutnya adalah pilih leher satu gunung yang empuk. Sebab leher sepatu bergesekan langsyng dengan atas tumit. Jika leher sepatu keras maka akan tergores atau lecet

3. Periksa sol sepatu

Sol sepatu juga merupakan hal yang penting diperhatikan saat Anda memilih sepatu gunung. Sol sepatu gunung didesain berbeda dengan sepatu pada umumnya. Pilihlah sol sepatu berceruk tajam edngan punggung sol yang tinggi. Sol sepatu seperti ini akan membantu Anda menapak dengan nyaman pada kondisi apapun saat di gunung. Baik tanah kering, basah, berbatu, berlumut, maupun pasir. 

4. Pilih sepatu sesuai track

Jangan asal pilih sepatu hanya karena model atau harganya. Namun pahami dulu tujuan Anda mendaki gunung. Misalnya Mountaineering Boot adalah sepatu hiking yang cocok untuk track pegunungan bersalju. 

sepatu gunung b

Sementara Heavy Boots dengan bahan gore-tex cocok untuk mendaki gunung dengan track yang panjang dan medan berat karena ia tahan air dan tidak mudah lembap. Ada lagi Mid-Weight Boot yang memiliki keunggulan sol yang tinggi dan keras sehingga tangguh untuk medan pegunungan yang curam.

Semoga membantu Anda yang tengah mencari sepatu gunung ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES