Kesehatan

Jambu Kristal dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 11 Februari 2021 - 11:00 | 209.57k
Jambu Kristal. (Photo: Freepik)
Jambu Kristal. (Photo: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJambu kristal merupakan salah satu buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Beberapa orang akan menyebut jambu biji sebagai buah ajaib karena rasa rasa dan manfaat yang ditawarkannya. Tak hanya buah, daunnya pun memberikan manfaat tersendiri. 

Buah ajaib ini kaya akan nutrisi seperti vitamin C, A, likopen, dan antioksidan. Rasanya yang enak membuat buah ini menjadi favorit hampir semua orang. Simak manfaatnya jambu biji bagi kesehatan berikut.

1. Membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang kesulitan menurunkan berat badan, anda bisa mencoba buah ini sebagai pengganti cemilan saat makan siang. Satu jambu kristal ukuran sedang saat makan siang akan mencegah rasa lapar dan ngemil hingga sore.

2. Diabetes

Jambu kristal kaya akan serat makanan. Mengkonsumsi jambu kristal akan membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh. Yang tentunya berimbas pada proses penyerahan gula pada tubuh dengan baik.

3. Memperbaiki penglihatan

Jambu kristal merupakan sumber vitamin A yang bagus. Kandungan ini membantu meningkatkan kesehatan penglihatan dan membantu mencegah katarak, degenerasi makula dan meningkatkan kesehatan mata secara umum.

4. Antioksidan

Jambu-Kristal-dan-jambu-merah-di-pasaran.jpgJambu Kristal dan jambu merah di pasaran. (Photo: Freepik)

Antioksidan dan likopen dalam jambu kristal membantu mengurangi kemungkinan anda terkena kanker. Jambu kristal dianggap paling efektif untuk mengurangi reiko serangan kanker prostat, payudara, dan mulut.

Minyak daun jambu biji terbukti lebih berhasil daripada obat modern terkemuka tertentu dalam mengurangi pertumbuhan kanker.

Kue-jambu-Kristal-dengan-es-krim.jpgKue jambu Kristal dengan es krim. (Photo: Freepik)

Jambu merah juga kaya akan vitamin C. Orang-orang suka menjadikannya sebagai jus untuk membantu meningkatkan kekebalan tibuh mereka selama pandemi.

5. Mencegah sembelit

Menelan atau mengunyah biji jambu biji akan menjadi obat pencahar alami. Ini membantu pergerakan usus yang sehat dan juga membantu menahan cairan tetap berada di dalam tubuh. Hal ini akan membantu membersihkan usus serta seluruh sistem ekskresi.

6. Diare dan disentri

Daunnya memiliki manfaat untuk menanggulangi diare. Anda hanya membutuhkan 10 lembar daun Jambu kristal atau jambu biji untuk direbus dalam 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa satu gelas. Minumlah sekali dalam sehari dan itu bisa menjadi obat tradisional untuk diare. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES