Kesehatan

3 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Cegah Flu

Kamis, 11 Februari 2021 - 03:15 | 98.84k
Sup ayam baik untuk mencegah flu saat musim penghujan. (Foto: Creative Commons via Freepik)
Sup ayam baik untuk mencegah flu saat musim penghujan. (Foto: Creative Commons via Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pada masa pandemi Covid-19, kita dituntut untuk tetap menjaga stamina dan meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari flu yang sewaktu-waktu bisa menyerang, terutama saat musim hujan seperti ini.

Salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi makanan penambah imun yang tinggi akan protein dan juga vitamin. Berikut 3 makanan penambah imun versi TIMES Indonesia:

1. Sup Ayam

Sup ayam dibuat dengan campuran kaldu dan bawang putih yang ditambahkan beberapa potong sayuran adalah makanan terbaik untuk pereda flu karena bawang putih dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. kuah kaldu juga membantu tubuh supaya tetap terdehidrasi.

2. Salad Buah

Sup ayam baik b

Buah-buahan dapat membantu meningkatkan imun tubuh terutama buah yang banyak mengandung vitamin C karena dinilai lebih efektif untuk menyangkal flu.

Dilansir dalam Jurnal International Immunopharmacology, yoghurt yang terdapat dalam salad buah dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Yoghurt ini mengandung protein dan dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan, sehingga jika buah dan yoghurt disatukan akan membuat tubuh kebal saat musim hujan.

3. Ramuan Jahe dan Madu

Sup ayam baik v

Jamu merupakan obat tradisional yang sudah dipercaya turun-temurun di Indonesia. Berkhasiat untuk tubuh, jamu khusus untuk mencegah penyakit flu bisa Anda buat dengan jahe dan madu. Sebab berbagai riset mengungkapkan jahe adalah efek anti virus, sementara madu mempunyai anti oksidan dan anti radang.

Menyeduh air dengan jahe yang sudah dibakar lalu ditambahkan madu adalah ramuan paling sederhana untuk penambah imun tubuh mengurangi gejala flu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES