Kuliner

5 Makanan ini Ampuh Redakan Rasa Pedas di Mulut

Selasa, 09 Februari 2021 - 05:26 | 133.88k
Ilustrasi - Makan Makanan pedas (FOTO: Freepik/senivpetro)
Ilustrasi - Makan Makanan pedas (FOTO: Freepik/senivpetro)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda penyuka makanan pedas? Bagi penggemarnya makanan pedas itu memang nikmat ya. Meski mulut terasa terbakar, namun tetap saja nagih rasanya.  Saat selesai makan, sensasi pedas di mulut belum juga hilang. Banyak orang yang memilik minum air untuk redakan rasa pedas

Padahal minum air putih atau air dingin justru dapat membuat awet rasa pedas di mulut. Selain itu minuman beralkohol, dam minuman bersoda juga demikian. 

Nah ternyata 5 makanan berikut ini dapat meredakan sensasi pedas di mulut lho. Apa saja ya?

1. Produk susu

Yoghurt-a.jpgFoto: hellosehat

Anda dapat minum susu atau yoghurt untuk menghilangkan rasa pedas di mulut. Produk susu mengandung kasein yang dapat membantu memecah capsaicin (senyawa rasa pedas) dan memberikan ketenangan di lidah. 

2. Gula dan madu

Madu-dan-Gula.jpgFoto: hellosehat

Jika rasa pedas tak dapat tertahan Anda dapat mengonsumsi gula. Bisa juga diganti dengan madu. Kedua bahan tersebut punya rasa manis yang dapat menyerap capsaicin berbasis minyak. 

3. Roti atau nasi

Roti-dan-Nasi.jpgFoto: pngdownload

Pati yang terdapat pada roti atau nasi dapat menghilangkan rasa pedas di mulut. Sifatnya seperti gula, sehingga dapat menyerap capsaicin. Selain roti atau nasi, dapat juga diganti dengan kentang rebus.

4. Cokelat

Coklat.jpgFoto: metro.us

Sensasi terbakar di mulut dapat diredakan dengan cokelat. Kandungan lemak pada cokelat dapat mengeluarkan sebagian capsaicin di mulut, karena sifatnya yang lebih larut. Pilihlah jenis cokelat susu ya agar lebih dapat mengatasi rasa pedas. 

5. Selai kacang

Selai-Kacang.jpgFoto: iStock

Selai kacang juga mengandung lemak yang tinggi. Jadi dapat mengeluarkan sebagian capsaicin di mulut. Dengan begitu selai kacang dapat redakan  rasa pedas di mulut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES