Kopi TIMES

Vaksin Pendidikan Indonesia

Senin, 08 Februari 2021 - 23:12 | 26.50k
Vaksin Pendidikan Indonesia
Dr. Asep Totoh,SE., MM; Dosen Ma’soem University.
Editor: Ronny Wicaksono

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Pandemi COVID-19 hampir genap setahun berlalu sejak Maret 2020, hampir semua satuan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia dipaksa melakukan adaptasi dalam pelayanan pendidikan kepada siswanya. Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) kembali menjadi pilihan sebagai solusi mengawali awal pembelajaran semester genap di Januari 2021.

Semuanya itu demi untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang sampai sekarang belum diketahui kapan akan berakhir. Harus diakui jika pandemi Covid-19 memberikan persoalan dan dampak yang cukup pelik bagi dunia pendidikan. Sistem pendidikan jelas menjadi terganggu, dampak yang dihasilkan dari permasalahan ini memengaruhi kualitas pendidikan yang sedang berjalan. Tidak hanya itu, efeknya pun disinyalir akan berdampak pada arah kebijakan pendidikan Indonesia beberapa tahun ke depan.

Sisi lain pendidikan pandemi telah membawa hikmah saat ini dan nanti ketika pandemi berakhir. Salah satu hal yang menjadi kebiasaan baru masyarakat adalah kemampuan untuk bisa beraktivitas di mana saja. Bagaimana mulai saat ini orang-orang akan terbiasa dengan digitalisasi dan dipaksa untuk bisa beradaptasi dan berinovasi dalam pendidikan.

Gerak cepat memang terus dilakukan Kemendikbud dengan beberapa kementrian lainnya untuk mencari solusi agar permasalahan pada sektor pendidikan tidak semakin besar. Dalam kondisi pandemi ini ada dua hal yang menjadi kunci dalam mencari solusi, yakni mitigasi krisis pembelajaran dan mitigasi krisis ekonomi di sektor pendidikan.

Apresiasi atas kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah berupaya merumuskan kebijakan-kebijakan inovatif dan adaptif, menyesuaikan dengan kondisi pandemi. Di mana pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, distribusi bantuan kuota pendidikan kepada guru dan pelajar/mahasiswa, dan realisasi program Merdeka Belajar lainnya.

Memasuki tahun 2021, ada empat strategi utama Kemendikbud dalam menunjang pendidikan dan kebudayaan di masa pandemi, yakni: Pertama. Pembangunan infrastruktur dan teknologi. Kedua, Penguatan kebijakan, prosedur, dan pendanaan; Ketiga. Penguatan kepemimpinan, masyarakat, dan kebudayaan; dan Keempat. Penguatan kurikulum, pedagogi, dan asesmen. Semua kebijakan tersebut muaranya pada upaya menghadirkan transformasi yang bermakna dan membawa bangsa ini kepada kemajuan.

Selanjutnya, Kemendikbud membuat rancangan prioritas program Merdeka Belajar tahun 2021 ini berfokus pada delapan hal prioritas yaitu Optimalisasi bantuan pembiayaan pendidikan; Digitalisasi sekolah; Pembinaan prestasi, talenta, dan karakter peserta didik; Melakukan pendidikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan; Peningkatan kurikulum dan asesmen; Revitalisas pendidikan vokasi; Realisasi program Kampus Merdeka; serta Pemajuan kebudayaan dan bahasa. 

Tak ayal jika delapan prioritas itu cukup kompleks dan saling berkaitan satu sama lain. Delapan prioritas program Merdeka Bekajar ini pun bisa menjadi paket vaksin pendidikan yang akan diberikan untuk menguatkan imunitas dunia pendidikan Indonesia agar kegiatan belajar-mengajar tahun akademik 2021 tetap berjalan, sekalipun di masa pandemik.

Senyatanya proses mencerdaskan kehidupan bangsa itu jelas membutuhkan optimisme yang tinggi di masa-masa darurat seperti ini, seperti optimismenya Mas Menteri yang terus gulirkan dalam berbagai kesempatan. Rasa optimistis itu hadir dalam berbagai terobosan dan inovasi yang dicetuskan Kemendikbud, sekolah, maupun perguruan tinggi. Sebuah keyakinan jika pandemi bukan menjadi penghalang untuk terus berupaya melakukan terobosan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

SDM Unggul

Harus dipahami bersama dalam prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi COVID-19 jika kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran. Dan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial juga menjadi pertimbangan dalam pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi COVID-19.

Langkah-langkah strategis pemerintah yang kreatif, inovatif dan adaptif juga out of the box diyakini akan benar-benar bisa menjadi vaksin pendidikan yang akan diberikan untuk menguatkan imunitas dunia pendidikan Indonesia kita sekalipun diuji pandemik yang berkepanjangan.

Sebuah optimisme jika pandemi ini akan segera berlalu, terlebih program vaksinasi telah berjalan sekalipun memakan waktu yang relatif lama. 
Maka tugas negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tetap dapat dilaksanakan sesuai dengan amanat para pendiri bangsa yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Hal selanjutnya menjadi penting dan strategis untuk dilaksanakan agar proses pendidikan tetap berjalan adalah gotong royong semua pihak dan konsekuensi dari Kemendikbud beserta pihak-pihak terkait, seperti pemerintah daerah, dinas setempat, dan pihak sekolah agar tidak hanya menjalankan tugas struktural semata.

Menjadi harapan kita semua jika outcomes dari proses pendidikan yang panjang ini adalah manusia berkualitas dan unggul yang berdaya guna memberikan kebermanfaatan. Kita sadari betul bahwa proses pendidikan pada hakikatnya adalah membentuk manusia yang beradab, berakhlak, juga memiliki kapasitas intelektual unggul dan berdaya saing secara lokal, nasional, maupun global. Oleh sebab itu, pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam proses pendidikan menjadi hal yang fundamental.

Alhasil, semua pihak harus mengedepankan kepentingan pendidikan yang lebih luas dan mendasar. Yakni, masa depan generasi muda bangsa kita di masa mendatang. Pendidikan terbaik generasi mendatang penting karena pendidikan membentuk watak dan kepribadian, Sosialisasi, Integrasi sosial, Penempatan sosial, dan Inovasi sosial. Dan, pembelajaran dalam menjalani masa-masa sulit dan kegagalan diyakini akan memberikan pelajaran penting yang bisa memperkuat masing-masing individu.

***

*) Oleh: Dr. Asep Totoh,SE., MM; Dosen Ma’soem University.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • Dua Kunci, untuk Menikmati Hidup
    Dua Kunci, untuk Menikmati Hidup
    09/03/2021 - 04:03
  • This Place of Depok Ciamis Tells the Story of Kian Santang
    This Place of Depok Ciamis Tells the Story of Kian Santang
    09/03/2021 - 03:30
  • Demi Keadilan Tak Cukup CSR, Mutlak Revisi UU Perimbangan Keuangan
    Demi Keadilan Tak Cukup CSR, Mutlak Revisi UU Perimbangan Keuangan
    09/03/2021 - 03:01
  • Enjoying the Signature Mocktail Coffee from Nordic Marvell City
    Enjoying the Signature Mocktail Coffee from Nordic Marvell City
    09/03/2021 - 02:27
  • Tradisi Literasi di Sekolah
    Tradisi Literasi di Sekolah
    09/03/2021 - 01:20

TIMES TV

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

15/12/2020 - 15:25

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru
Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75

Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75
Meluaskan Manfaat

Meluaskan Manfaat
Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Dua Kunci, untuk Menikmati Hidup
    Dua Kunci, untuk Menikmati Hidup
    09/03/2021 - 04:03
  • Demi Keadilan Tak Cukup CSR, Mutlak Revisi UU Perimbangan Keuangan
    Demi Keadilan Tak Cukup CSR, Mutlak Revisi UU Perimbangan Keuangan
    09/03/2021 - 03:01
  • Tradisi Literasi di Sekolah
    Tradisi Literasi di Sekolah
    09/03/2021 - 01:20
  • Hak yang Terabaikan
    Hak yang Terabaikan
    08/03/2021 - 23:39
  • Rehabilitasi Solusi Menekan Angka Penyalahgunaan Narkoba
    Rehabilitasi Solusi Menekan Angka Penyalahgunaan Narkoba
    08/03/2021 - 22:17
  • Menakar Hantaman Pandemi Covid-19 pada Kaum Miskin
    Menakar Hantaman Pandemi Covid-19 pada Kaum Miskin
    08/03/2021 - 21:30
  • Sekolah Siap Tatap Muka?
    Sekolah Siap Tatap Muka?
    08/03/2021 - 20:23
  • Memetik Bonus Demografi di Tengah Pandemi
    Memetik Bonus Demografi di Tengah Pandemi
    08/03/2021 - 19:38

KULINER

  • Pedas Nikmat di Nasi Judes Yu Gembul Ponorogo
    Pedas Nikmat di Nasi Judes Yu Gembul Ponorogo
    08/03/2021 - 09:10
  • Black Melody Jadi Incaran Penikmat Kopi di Kota Tasikmalaya
    Black Melody Jadi Incaran Penikmat Kopi di Kota Tasikmalaya
    07/03/2021 - 01:34
  • Rawon Sup Terenak se-Asia Versi Taste Atlas
    Rawon Sup Terenak se-Asia Versi Taste Atlas
    06/03/2021 - 15:30
  • Sajikan Ragam Bakso, Udang dan Cumi Jadi Andalan Kedai A.Je Majalengka
    Sajikan Ragam Bakso, Udang dan Cumi Jadi Andalan Kedai A.Je Majalengka
    06/03/2021 - 15:00
  • Shokudo Resto Sajikan Fusion Sushi Nachos
    Shokudo Resto Sajikan Fusion Sushi Nachos
    06/03/2021 - 04:04
  • Maniak Seks Parah Dennis Rodman Sampai Penisnya Patah 3 Kali
    Maniak Seks Parah Dennis Rodman Sampai Penisnya Patah 3 Kali
    09/03/2021 - 00:02
  • AHY Melawan, Hamid Awaluddin Sarankan Moeldoko Bersikap Kesatria
    AHY Melawan, Hamid Awaluddin Sarankan Moeldoko Bersikap Kesatria
    09/03/2021 - 00:02
  • Janjikan Peserta KLB Rp100 Juta, Moeldoko Cs Cuma Bayar Rp5 juta
    Janjikan Peserta KLB Rp100 Juta, Moeldoko Cs Cuma Bayar Rp5 juta
    09/03/2021 - 00:03
  • Gatot Nurmantyo Beberkan Sosok yang Mengajaknya Kudeta AHY
    Gatot Nurmantyo Beberkan Sosok yang Mengajaknya Kudeta AHY
    09/03/2021 - 00:28
  • Jawaban Bijak Nan Sopan Jenderal TNI Gatot Dicecar Moeldoko Kudeta AHY
    Jawaban Bijak Nan Sopan Jenderal TNI Gatot Dicecar Moeldoko Kudeta AHY
    09/03/2021 - 00:20