Gaya Hidup

Ingin Cat Tembok Awet dan Tidak Cepat Pudar? Ini Caranya

Senin, 08 Februari 2021 - 18:40 | 232.26k
Pengecatan Dinding (Foto: Joko/TIMES Indonesia)
Pengecatan Dinding (Foto: Joko/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Biasanya tampilan warna cat tembok bagian luar rumah akan lebih cepat memudar warnanya dan mengelupas karena lebih banyak terkena sinar matahari dan air hujan. Perubahan iklim juga dapat menyebabkan munculnya jamur pada tembok karena lembab.

Warna cat tembokk yang memudar ini tentu akan membuat tampilan terlihat kumuh dan tidak segar. Namun ada beberapa cara untuk membuat cat tembok rumah awet dan tahan lama yang diantaranya :

1. Bersihkan Dinding Sebelum Mengaplikasikan Cat

Dinding yang akan dilakukan pengecatan sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Sebab, noda atau debu yang masih menempel pada dinding akan menyebabkan penempelan cat tidak maksimal. Resikonya, cat tembok akan cepat mengelupas

Dinding yang berlumut hendaknya disiram dengan air kaporit agar benih jamur mati. Kemudian mulai cat tembok bila tembok sudah mengering.

2. Pilih Cat Khusus Esterior

Cat khusus eksterior memiliki komposisi yang diformulasikan khusus dindin bagian luar. Sehingga ketahanan dan kekuatan lebih tinggi dari cat biasanya.

Cat Tembok 2

Cat khusus ini pula akan lebih tahan dengan perubahan iklim. Kita bisa menggunakan cat tembok dari Avian Brand karena telah terbukti menghadirkan produk berkualitas berstandar mutu nasional maupun internasional.

Cat tembok Avian Brands telah memenuhi berbagai standarisasi sertifikat yakni Top Brand, Satria Brands sebagai bukti keunggulan merek, Original Brand, Product Quality, Superbrand dan masih banyak lagi. Cat yang terbukti berkualitas akan mencegah timbulnya jamur dan awet dari kerusakan seperti pengelupasan.

3. Sesuaikan Cat dengan Bahan Dinding

Cat tembok terdiri dari berbagai tipe sesuai dengan kebutuhan. Bila hendak mengecet tembok, gunakan cat khusus untuk tembok.

Selain cat tembok, Avians Brands juga menyediakan varian lengkap cat khusus untuk kayu dan besi, cat pelapis anti bocor, cat pelindung kayu dan masih banyak lagi. Serta bagi pemilik rumah yang mempunyai anak kecil, Avian Brands memiliki rangkaian produk cat tembok seri Disney yang aman bagi anak.

4. Pilih Warna Cerah

Pemilihan warna cat tembok rumah tak bisa sembarangan. Warna cerah disarankan karena memiliki pigmen lebih sedikit, sehingga meminimalkan risiko pudar.

Warna cerah yang direkomendasikan yakni kuning, hijau muda atau putih. Bila ingin memilih warna-warna cerah yang lebih variatif dan modern, Avian Brands bahkan telah menyediakan berbagai warna kekinian.

5. Lakukan Pengecatan Saat Cuaca Cerah

Mengecat tembok saat cuaca sedang cerah-cerahnya akan mempercepat proses pengeringan. Berbeda jika dilakukan saat hujan, selain lama kering tembok juga akan lembab.

Dinding lembab akan cepat memunculkan jamur dan menyebabkan kerusakan. Selain itu, tembok yang lembab tidak akan menyerap cat secara maksimal.

6. Teknik Pengecatan

Ternyata, pengecatan tembok ini juga perlu teknis khusus karena dalam pengecatan tidak sesederhana seperti yang kita pikirkan.

Cat Tembok 3

Mengecat tembok dengan teknik yang tepat akan menghasilkan permukaan yang halus dan rata. Caranya dengan melapisi bagian yang sulit, misalnya sudut dinding dan bagian atap.

Lakukan pengecatan pada bagian tersulit lalu berlanjut ke bagian lain yang lebih mudah. Cat tembok dengan kuas hanya satu arah agar hasilnya lebih halus dan teratur. Dengan rekomendasi yang diberikan ini diharapkan akan menghasilkan pengecatan yang baik serta akan tahan lama, sehingga cat tetap awet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES