Gaya Hidup

Angkat Tinggi Yee Shang, Sambut Tahun Baru Imlek Penuh Keberuntungan 

Minggu, 07 Februari 2021 - 23:55 | 35.42k
Angkat Yee Shang tinggi-tinggi bersama keluarga saat momen Imlek. (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Angkat Yee Shang tinggi-tinggi bersama keluarga saat momen Imlek. (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Momen Imlek segera tiba. Saat merayakan pergantian tahun, salah satu menu yang tak boleh ketinggalan adalah Yee Shang atau Yusheng

Bukan hanya menu wajib, Yee Shang juga sarat filosofi. Mulai dari bahan, penataan hingga cara makan. Makna Yee Shang sendiri adalah rezeki berlimpah, harapan akan nasib baik, dan kemakmuran.

Yee Shang sekilas seperti salad. Secara harafiah bisa berarti ikan mentah. Memang bahan utamanya adalah ikan mentah, yaitu ikan salmon. Ada pula yang menggunakan ikan tuna maupun tambahan udang. Kini, sajian Yee Shang juga lebih variatif.

Di Tang Palace Restaurant JW Marriott Hotel Surabaya misalnya, tahun ini menyajikan hidangan tradisi Yee Shang dengan pilihan topping salmon, abalone dan Australian Wagyu Beef. Aneka daging menjadi pilihan karena Imlek tahun 2021 ini adalah Tahun Kerbau Logam. 

"Tradisi Yee Shang tetap ada salmon atau ikan bisa pilih dengan slice abalon juga," terang Executive Chef Tang Palace, Chef Affat, Minggu (7/2/2021). 

Dia menggunakan sayur organik dengan sesame dressing. Mulai irisan wortel, timun, jeruk bali, dan lobak. Ada pula kacang tanah, pangsit, jamur, dan bawang bombay.

Sebagai bumbu dan saus diberikan minyak wijen, kayu manis, lada, dan jahe sehingga menambah cita rasa Yee Shang. Jangan lupa jeruk nipis yang nantinya diperas ke ikan lalu ditambahkan aneka sayuran, manisan, dan disiram dengan bumbu dan saus. 

Yee Shang biasanya disajikan sebagai makanan pembuka dari serangkain hidangan untuk merayakan Imlek. Cara makan Yee Shang cukup unik. Setiap gerakan maupun bahan memiliki makna dan doa. Yee Shang juga harus disantap beramai-ramai oleh seluruh anggota keluarga.

Saat memulai meracik Yee Shang, ucapkan "Gong Xi Fa Cai, Wan Shi Ru Yi" atau "Selamat atas kesuksesan Anda, semoga semua permohonan Anda terkabul".

Setelah itu tambahkan ikan  sambil berkata "Nian Nian You Yu" sebagai harapan di tahun baru rezeki berlimpah. Lalu peras jeruk di atas salmon. Sambil memeras, jangan lupa mengucapkan permohonan.

Tambahkan sayuran yang sudah dipotong-potong. Beri kacang tanah dan pangsit. Kemudian, taburkan bumbu dan minyak wijen dalam bentuk melingkar.

Usai meracik, saatnya mencampur semua bahan. Seluruh anggota keluarga bersiap-siap dengan sumpit. Lalu bersama-sama mengaduk Yee Shang dengan sumpit.

Jangan setengah hati saat mengaduk. Angkatlah semua bahan Yee Shang setinggi-tingginya. Oleh karena itu, Anda perlu berdiri saat melakukannya. Sambil mengaduk ucapkan "Lo Hei" atau "aduk".

Semakin tinggi Yee Shang diangkat, konon akan semakin baik pula peruntungan di tahun baru Imlek. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES