Peristiwa Nasional

Menkes RI Tegaskan Vaksinasi Coid-19 untuk Lansia Dimulai Senin  

Minggu, 07 Februari 2021 - 19:54 | 22.38k
Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin saat mendampingi presiden Jokowi dalam acara vaksinasi tahap pertama (Foto: Instagram/Budi Gunadi)
Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin saat mendampingi presiden Jokowi dalam acara vaksinasi tahap pertama (Foto: Instagram/Budi Gunadi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin resmi mengumumkan bahwa besok mulai pukul 09:00 WIB, vaksinasi Covid-19 akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia untuk lansia.

Menurut Budi Gunadi, lansia akan menjadi prioritas pemerintah dalam program vaksinasi. Alasan manjadi prioritas adalah mereka dinilai sangat rentan dan antibodinya sangat lemah.

Menkes-Jokowi-2.jpg

Dia juga menambahkan, vaksinasi untuk lansia ini tidak hanya dilakukan oleh Indonesia. Namun, seluruh dunia juga menjadi lansia sebagai target utama.

"Media juga punya informasi bahwa di luar negeri vaksinasi sesudah tenaga kesehatan diberi ke teman teman kita lansia. Kenapa mendahulukan lansia, karena mereka resikonya sangat tinggi dan menyebabkan suatu hal yang fatal," kata Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual dengan sejumlah awak media di Jakarta, Minggu (7/2/2021).

Mantan anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini juga menuturkan selama ini lansia menjadi persentase paling banyak meninggal akibat pandemi covid-19.

Menkes-Jokowi-3.jpg

'Jadi dibayangkan populasi masyarakat yang meninggal akibat Covid-19 sekitar 60 persen, dan mereka yang terinfeksi aja sekitar 10 persen," imbuhnya.

Untuk mewujudkan target prioritas vaksinasi terhadap lansia tersebut, maka Kemenkes akan mengandeng tokoh masyarakat dan para influencer. Mereka akan ditugaskan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi.

"Kita sudah memperbaiki petunjuk teknisnya, kita juga sudah mengkomunikasikan dengan orang Kemenkes di lapangan bahwa lansia harus menjadi prioritas," lanjut Budi.

Para lansia ini akan disiisir dari para nakes di berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia. Dia juga menegaskan bahwa timnya sudah tersebar di berbagai wilayah.

"Besok akan dilakukan vaksinasi Covid-19 jam 9 pagi untuk tenaga kesehatan yang usianya tua. Besok akan dilakukan di beberapa titik, namun masih dicari mereka siapa yang layak divaksin," pungkas Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES