Kesehatan

Mahasiswa Unipma Dampingi Anak Desa Belajar di Rumah

Minggu, 07 Februari 2021 - 15:16 | 69.63k
Mahasiswa UNIPMA Madiun saat membimbing anak-anak desa belajar di rumah. (Foto: Unipma for TIMES Indonesia)
Mahasiswa UNIPMA Madiun saat membimbing anak-anak desa belajar di rumah. (Foto: Unipma for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Sejumlah mahasiswa Universitas PGRI Madiun (Unipma) melakukan serangkaian aksi sosial di masa pandemi. Aksi sosial selama hampir satu bulan tersebut dilakukan di Dukuh Padasmalang, Desa Winong, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Para mahasiswa tersebut tergerak membantu Ida Setyowati salah seorang warga desa setempat. Ida   berinisiatif membimbing anak-anak usia TK/SD belajar di rumah selama pembelajaran tatap muka di sekolah ditiadakan.

Mahasiswa UNIPMA 2

"Meskipun bukan seorang guru, keinginan dan semangat Ibu Ida  mencerdaskan bangsa ini begitu tinggi," ujar Muhammad Fachrizal Ariyanto koordinator aksi sosial mahasiswa Unipma, Minggu (7/2/2021).

Fachrizal bersama mahasiswa lainnya membantu menyediakan fasilitas belajar untuk anak-anak di Dukuh Padas Malang. Seperti buku bacaan, alat tulis dan tempat cuci tangan. Mereka juga ikut memberi mengajar selama aksi sosial berlangsung pada 5-25 Januari 2021 lalu.

"Bukan hanya suasana yang menyenangkan, anak-anak juga semangat belajar. Orang tua juga mendukung kegiatan kami dan berharap bisa berlanjut sampai pandemi selesai," ungkap Fachrizal.

Mahasiswa Unipma berjumlah 20 orang tersebut juga melakukan kegiatan positif lainnya. Antara lain memberi pelatihan mengolah makanan berbahan buah rambutan yang banyak terdapat di Dukuh Padas Malang.

"Biji rambutan bisa dibuat emping dan daging buahnya diolah menjadi nuget," jelas Fachrizal.

Olahan buah rambutan tersebut diharapkan bisa menjadi produk unggulan lokal selain kripik singkong rasa gadung. Para mahasiswa juga mensosialisasikan cara pemasaran digital  agar produk  menjangkau konsumen lebih luas.

Mahasiswa UNIPMA 3

Di bidang kesehatan, mahasiswa Unipma juga memberi pelatihan cara pembuatan handsanitizer, bagi masker dan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum. Sekaligus  mengedukasi masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Kegiatan tersebut cukup bagus. Memang prokes 3M itu harus jadi bagian dari kehidupan sehari-hari mengingat kasus Covid-19 cukup tinggi," tutur Nyoto, Ketua RT 32 Dukuh Padas Malang mengapresiasi aksi sosial mahasiswa Unipma di Dukuh Padas Malang, Desa Winong, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES