Kesehatan

Jenis-Jenis Alergi, Apakah Kamu Mengidap Salah Satunya?

Minggu, 07 Februari 2021 - 10:15 | 87.47k
Bersin. (Foto: Freepik)
Bersin. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada banyak sekali macam jenis alergi tergantung kekebalan tubuh masing-masing.  Dan acapkali, tiap alergi memiliki gejala yang berbeda. Mulai dari gejala ringan hingga berat.

Bahkan ada juga yang gejalanya muncul tiba-tiba dan jika tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan kematian.

Nah apa saja jenis alergi tersebut dan bagaimana gejalanya? Dilansir dari Mayoclinic berikut penjelasannya.

Alergi jerami

Alergi jerami juga sering disebut alergi rhinitis. Gejalanya bervariasi namun yang paling sering dialami orang-orang pada umumnya adalah bersin-bersin, gatal di hidung, mata, rongga mulut.

Pilek atau hidung mampet, mata berair atau bengkak, juga kadang sering menjala tanda-tanda yang muncul pada alergi ini jika anda berada dekat dengan jerami.

Alergi makanan

alergi-makanan.jpgSumber: drkristinsfitnessrx.com

Beberapa orang kadang alergi terhadap makanan tertentu, misalnya udang atau coklat. Umumnya alergi makanan akan tumbuh dengan gejala seperti gatal, bibir, tenggorokan atau lidah bengkak, gatal-gatal, dan atau anaphylaxis. 

Alergi gigitan serangga

Gigitan serangga juga merupakan penyebab alergi pada beberapa orang. Umumnya mereka akan mengalani bengkak pada bekas gigitan, gatal di sekujur tubuh, batuk, sesak, dan anaphylaxis. 

Alergi obat

alergi-obat.jpgSumber: Halodoc

Jika anda memperhatikan, acap kali sebelum dirawat di rumah sakit, seseorang akan disuntik obat cairan pengetes apakah pasien ada alergi obat. Jika memang ada alergi maka pasien akan mengalami setidaknya merah di daerah bekas suntik.

Namun bagi mereka yang benar-benar alergi obat dan sudah terlanjur mengonsumsi obat-obatan tersebut maka mereka akan mengalami gejala gatal, ruam, wajah bengkak, mengi atau sesak nafas, dan anaphylaxis.

Eczema stay atopic dermatitis

Alergi ini menyebabkan kulit anda memerah seperti kepiting direbus dan gatal. Bahkan gejala yang paling buruk adalah kulit anda mengelupas dan tumbuh seperti ketombe pada kulit. Jenis alergi ini biasanya bisa bertahan cukup lama dan kambuhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES