Peristiwa Daerah

Batu Bata Kuno Ditemukan di Tebing Sungai Pesanggrahan Kota Batu

Sabtu, 06 Februari 2021 - 22:14 | 47.17k
Warga yang menemukan batu bata kuno di tebing sungai tengah hutan. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/ TIMES Indonesia)
Warga yang menemukan batu bata kuno di tebing sungai tengah hutan. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho menyebut di kawasan Alas Kasinan, Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu memang ada singkapan batu bata kuno.

Singkapan batu bata kuno ini terlihat di tebing sungai, hanya saja sampai saat ini belum jelas struktur bangunannya. Hal ini dikemukakan usai melihat kondisi struktur bangunan kuno yang ditemukan oleh warga ini.

batu-bata-kuno-di-tebing-sungai-tengah-hutan-2.jpg

“Tapi jelas ada potensi tinggalan purbakala di sana, cuma perlu singkapan lebih jelas lagi,” ujar Wicaksono, Sabtu (6/2/2021). 

Temuan banyak batu bata kuno yang berukuran besar di wilayah ini memang memunculkan kemungkinan adanya struktur bangunan kuno di tempat ini. Hanya saja dibutuhkan penelitian lanjutan seperti melakukan ekskavasi atau uji laboratorium.

batu-bata-kuno-di-tebing-sungai-tengah-hutan-3.jpg

Dari jenis batu bata kuno yang ditemukan warga, ada tiga jenis batu bata. Pertama berukuran panjang 33 centimeter lebar 20 centimeter. Batu bata kedua, panjang 33 cm tebal 8 cm dan batu bata ketiga panjang 19 centimeter dengan tebal 7 centimeter.

Batu bata ini ditemukan warga dalam kondisi berserakan di tengah hutan. Warga juga menemukan susunan batu bata yang rapi menempel di tebing. Ditempat yang sama, warga juga menemukan ada keping uang China yang akrab disebut kepeng China.

Temuan batu bata kuno ini dilaporkan oleh warga kepada Dinas Pariwisata Kota Batu dan ditindaklanjuti oleh BPCB Trowulan dengan melakukan pengecekan ke lokasi. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES