Kuliner

3 Kesalahan yang Bikin Nasi Cepat Basi

Minggu, 07 Februari 2021 - 05:20 | 102.92k
Nasi putih (FOTO: Hellosehat.com)
Nasi putih (FOTO: Hellosehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai makanan pokok, tentunya setiap hari kita masak nasi ya. Namun terkadang nasi cepat basi meski berada dalam magic com. 

Kira-kira apa ya penyebabnya? 

Tanpa kita sadari, kesalahan kita memicu nasi lekas basi. Diantaranya adalah

1. Langsung makan saat nasi baru matang

Langsung-makan-saat-nasi-baru-matang.jpg(FOTO: iStockphoto)

Sudah umum kita masak nasi menggunakan magic com. Nah saat proses memasak baru selesai, kita buru-buru membukanya dan mengambil nasi untuk makan. 

Kondisi nasi yang baru matang masih terlau basah. Artinya penyerapan air belum benar-benar sempurna. Nah itulah yang membuat nasi cepat basi. 

Nasi yang baru matang harus diistirahatkan dalam magic com setidaknya 15-20 menit sebelum dimakan. 

2. Nasi basah

 

Nasi-basah.jpg(FOTO:Shutterstock)

Nasi yang basah sangat berpotensi cepat basi. Nasi yang basah ini bisa karena uap yang tidak keluar sempurna dari megic com. Maka ada baiknya Anda mengecek lubang uap pada magic com. Bersihkan juka terdapat sumbatan. 

Selain itu, saat mengaduk nasi setelah matang biarkan uap keluar terlebih dahulu. Buka magic com beberapa saat lalu tutup kembali. 

Nasi basi saat menggunakan kukusan juga dapat terjadi. Penyebabnya sama, karena uap tak dapat keluar. Jadi buka dahulu kukusan hingga uapnya keluar, baru ditutup kembali. 

3. Kualitas magic com menurun

Kualitas-magic-com-menurun.jpg(FOTO: Arafuru.com)

Nasi yang ANda masak sering cepat basi? Coba cek kondisi magic com Anda. Sudah berapa lama ia setia membantu urusan masak nasi? Nah bisa jadi usia magic com sudah udzur, sehingga waktunya diganti. 

Beberapa merek magic com memang terkenal awet dan tahan lama. Jika memang belum rusak, ada baiknya di bawa ke tukang servis untuk mengetahui kondisi magic com kesayangan. Turunnya kualitas pemanas bisa menjadi penyebab nasi cepat basi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES