Kopi TIMES

Ngopi Pagi: Keyakinan

Sabtu, 06 Februari 2021 - 06:14 | 48.01k
Noor Shodiq Askandar.
Noor Shodiq Askandar.

TIMESINDONESIA, MALANG – Sahabat ngopi pagi, penting bagi kita semua untuk selalu menjaga keyakinan diri untuk terus dapat memberikan yang terbaik bagi ummat.  Dengan keyakinan yang kuat, Langkah kaki menjadi lebih ringan untuk menggapainya.

Allah swt telah menggariskan dalam sebuah hadits qudsi bahwa saya ini ada sesuai prasangka ummatku. Sebuah janji yang pasti kebenarannya. Oleh karena itu, selalu yakinilah bahwa kita pasti akan diberikan sesuatu yang terbaik menurut Allah swt. Hidup dan mati, rizqi, serta jodoh itu adalah pemberian terbaik dari Allah swt kepada ummat manusia.

Suatu saat saya bersama kawan menerima tamu dari Kalimantan utara. Kawan saya berdiskusi asyik tentang cincin yang dipakainya dengan tamu. Sayapun diam disampingnya. Tiba tiba si tamu bertanya apakah saya suka cincin ? Saya pun menjawab bahwa saya suka dan kebetulan tidak memakai, karena lebih senang mengkoleksi di rumah. Tiba tida cincin beliau dicobakan ke jari manis saya dan pas. Singkat cerita beliau kemudian berujar bahwa rizqi itu tahu alamat kita, hanya saja kita yang tidak tahu alamat rizqi. Cincinpun beralih kepemilikan ke saya, walaupun diskusinya tidak dengan saya.

Saya juga bertemu dengan banyak wirausaha. Rata rata mereka sangat yakin dalam menjalankan usaha dan sekaligus yakin akan sukses. Menurut mereka, keyakinan ini perlu untuk menjadi penguat dalam berusaha, dan sekaligus menjadi jalan sukses. Dalam sebuah penelitian, beberapa anak yang diteliti tentang cita cita, lima belas tahun kemudian yang yakin dengan yang dicita citakan dengan keinginan yang spesifik menjadi lebih berhasil dari lainnya.

Karena itu Rasulullah saw juga mengingatkan kita tentang pentingnya keyakinan dengan meninggalkan hal hal yang merugikan. Tinggalkan keraguan untuk menuju sesuatu yang pasti, begitulah kira kira terjemahan dari da’ma yuribuka ila ma yuribuk. Kenapa demian ? karena karena keraguan, hanya akan jadi penghambat jalan menuju kesuksesan.

Orang yang selalu ragu ragu, tidak akan dapat segera melangkah. Salah satu sebabnya, karena terlalu banyaknya pertimbangan yang dijadikan sebagai referensi. Akibatnya tidak melangkah, dan kemudian ketinggalan dengan lainnya.

Mulailah hari ini dengan keyakinan yang penuh untuk melangkah dan menghasilkan yang terbaik. Insyaallah dzat yang menguasai langit, bumi, dan seisinya, akan memberikan jalan dan keputusan yang terbaik. Wallahu a’lam bisshowab. Selamat ngopi pagi, sebagai penghangat dan penyemangat diri. (*)

*) Oleh : Noor Shodiq Askandar, Ketua PWLP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma Malang.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES