Gaya Hidup

4 Makanan yang Tidak Ada Masa Kedaluwarsanya, Apa Saja?

Sabtu, 06 Februari 2021 - 04:11 | 450.72k
Madu, salah satu makanan yang tak ada masa kadaluarsanya. (foto: liputan6.com)
Madu, salah satu makanan yang tak ada masa kadaluarsanya. (foto: liputan6.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebelum membeli makanan kemasan, kita selalu mengecek masa kedaluwarsa pada kemasan tersebut. Hal itu perlu dilakukan untuk mengetahui makanan tersebut layak makan atau tidak. 

Makanan yang sudah kedaluwarsa tentunya sudah tak layak makan. Kedaluwarsa sendiri merupakan masa ketahanan makanan, obat ataupun kosmetik yang aman untuk dipakai. 

Namun ternyata tak semua makanan ada masa kadaluarsanya lho. Nah beberapa makanan berikut ini tidak ada masa kedaluwarsanya. Apa saja ya?

1. Gula merah

1

Gula merah tak ada mas kadaluarsanya. Anda dapat menggunakan gula merah yang Anda simpan meski sudah sangat lama. Namun pastikan gula merah tersebut disimpan dengan baik dan benar. 

Cara menyimpan gula merah yang terbaik adalah dimasukkan dalam wadah kaca kedap udara. Jika tak ada wadah kaca kedap udara, Anda dapat menyimpan pada wadah kedap udara dan letakkan di tempat yang sejuk dan kering. Boleh saja disimpan dalam kulkas, asal kering, jauhkan dari sayuran. 

2. Beras

2

Makanan pokok ini juga tak ada masa kadaluarsanya. Anda dapat menyimpan beras di tempat yang sejuk dan kering. Dapat diberi daun salam kering ya, agar beras tidak berkutu. 

3. Madu

3

Madu juga jenis makanan yang tidak bisa busuk. Bahkan pernah ada ilmuwan yang menelukan madu dalam makam Mesir berusia 3000 tahun dan masih bisa dikonsumsi. Oiya agar kualitas madu tak menurun, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung ya. 

4. Garam

4

Garam bisa awet sepanjang masa, asal kondisinya terjaga tetap kering. Jika Anda ingin menyimpan garam, bisa di tempat gelap dan kering ya.

Meski tak ada masa kedaluwarsanya, namun pastikan Anda mengamati tekstur, bau dan rasa dari ke empat makanan yang Anda simpan ya. Makanan tersebut benar bisa awet atau bebas masa kedaluwarsa, namun jika cara menyimpannya salah dapat merusak kandungannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES