Gaya Hidup

Akhir Pekan Tiba Yuk Bersihkan Kompor, Begini Caranya

Sabtu, 06 Februari 2021 - 05:14 | 80.65k
Kompor juga perlu dibersihkan (FOTO: Rukita.co)
Kompor juga perlu dibersihkan (FOTO: Rukita.co)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak kegiatan yang dapat dilakukan saat akhir pekan. Selain berkumpul dengan keluarga tercinta, atau menyalurkan hobi, akhir pekan juga dapat melakukan kegiatan positif seperti bersih-bersih. Salah satunya membersihkan kompor

Bagaimana kabar kompor Anda? Apa selama ini hanya sekadar dipakai saja, dan dilap begitu saja untuk membersihkannya? 

Ternyata kompor tak hanya dibersihkan bagian luarnya saja. Namun juga bagian dalam dan tungku tempat api. Saat memasak, tentunya secara tak sengaja kita sering menumpahkan masakan atau minyak.

Jika dibiarkan kompor akan lekas rusak dan api yang keluar tidak maksimal. Api yang tidak maksimal keluarnya dapat membuang-buang gas serta membuat panci/ wajan panasnya tidak merata.

Nah berikut, cara membersihkan kompor 

1. Lepas bagian-bagian kompor

Lepas-bagian-bagian-kompor.jpg(FOTO: bukalapak.com)

Sebelum membersihkan kompor, lepaskan semua bagian-bagian kompor. Seperti ring, selang, tatakan kompor dan kerangka.

2. Rendam 

Rendam.jpg(FOTO: Hipwee.com)

Setelah dilepaskan, rendam bagian-bagian kompor pada cairan sabun cuci piring yang sudah ditambahkan baking soda. Pakai air panas untuk merendamnya agar lemak dan minyak yang menempel dapat segera larut. Rendam setidaknya 2-4 jam ya. 

3. Gosok pakai sikat gigi bekas

Sikat bagian kompor yang telah direndam air panas dengan sikat gigi bekas. Anda dapat menambahkan sabun cuci piring saat menggosoknya. Setelah dirasa bersih, dapat dibilas dan keringkan.

4. Perawatan permukaan kompor

Gunakan bahan alami untuk merawat permukaan kompor. Anda dapat menggunakan baking soda dan jeruk lemon/ nipis untuk membersihkannya. Jangan lupa tetap memakai sabun cuci piring juga ya. Sabun cuci piring memang diformulasikan untuk mengangkat lemak. 

Anda dapat mencampurkan ketiga bahan tersebut dengan air hangat dan disemprotkan ke permukaan kompor. Bilas dengan kain basah dan lap dengan kain bersih. Cling, seketika permukaan kompor kembali kinclong. 

5. Jangan sembarangan untuk tungku api

Tungku api juga perlu dibersihkan. Namun kali ini harus hati-hati dan tidak boleh sembarangan menggunakan cairan pembersih. Sebab jika salah, api tidak bisa nyala. Jadi gunakan pembersih khusus untuk tungku api ya. 

Nah mudah bukan membersihkan kompor. Oiya, jangan lupa juga untuk rutin mengecek regulator dan selang tabung ya. Happy weekend! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES