Gaya Hidup

5 Tips Hemat Untuk Anak Kos, Cukup Rp 1500

Sabtu, 06 Februari 2021 - 03:12 | 90.96k
Ilustrasi - Aktifitas Memasak Sendiri. (FOTO: Shutterstock)
Ilustrasi - Aktifitas Memasak Sendiri. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAnak kos harus pintar dalam manajemen keuangannya agar bisa membeli sesuatu yang diimpikam dan tentunya untuk kelangsungan hidup di tanah rantau. Ingin hemat tapi nggak ke kontrol? Ini dia, 5 tips hemat untuk anak kos

1. Masak Sendiri

Masak-sendiri.jpg(FOTO: lifestyle.okezone.com)

Dengan kalian memasak sendiri, akan lebih irit loh temen-temen. Bayangin saja, dengan Rp 1.500 kalian udah bisa makan sup, tapi kalau kalian beli di warung bisa Rp 5000. Masak sendiri ini juga bisa meningkatkan skill loh, jadi tidak hanya membuat hemat tapi skill kalian juga bisa terasah dengan baik.

2. Catat Pengeluaran

Catat-pengeluaran.jpgIlustrasi - Mencatat Pengeluaran Keuangan. (FOTO: Finansialmu.com)

Catat pengeluaran kalian ketika kalian membelanjakan uang kalian. Pastikan pengeluaran kalian tidak lebih dari target pengeluaran kalian ya. Harus lebih selektif tentunya dalam membelanjakan uang dan juga harus lebih perhitungan.

3. Cuci Baju Sendiri

Cuci-baju-sendiri.jpgIlustrasi - Melakukan Cuci Baju Sendiri. (FOTO: Idntimes.com)

Tidak hanya masak sendiri, cuci baju juga harus sendiri. Cuci baju sendiri juga salah satu tips yang paling mempengaruhi pengeluaran kalian lho! Dengan mencuci baju sendiri, Rp 20.000 (harga sabun cuci) bisa untuk dua bulan. Tapi kalian kalau laundry seminggu pasti bisa Rp 10.000. Gimana nih? Yakin masih mau laundry aja?

4. Gunakan Air Galon

Jangan membeli minuman dengan air botol ya, perbandingan harganya sangat beda jauh dengan menggunakan air galon. Ini nih, kalian harus lebih cermat ya untuk membeli air minum. Kalau memang hobi bawa minuman botol, lebih baik beli botolnya aja, airnya ambil dari air galon.

5. Batasi Uang Cash di Dompet

Tolong ini dicatat baik-baik, jangan sediakan terlalu banyak uang cash di dompet. Karena efeknya jadi ingin membelanjakan uang di dompet. Batasi saja dengan secukupnya agar kalian jadi mager buat membeli sesuatu.

Itu tadi 5 tips hemat untuk anak kos. Semoga bisa menabung. Dan semoga sukses program hematnya. Selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES