Gaya Hidup

5 Suara Misterius ini tak Dapat Dipecahkan! Ada Skyquake Juga

Sabtu, 06 Februari 2021 - 06:26 | 109.10k
Ilustrasi - Gelombang Suara. (FOTO: Pasleka/Getty)
Ilustrasi - Gelombang Suara. (FOTO: Pasleka/Getty)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak hanya skyquake, ada beberapa suara yang hingga kini masih belum bisa dipecahkan para ilmuwan. Hingga kini, ilmuwan masih berlomba-lomba mempelajari sumber bunyi dari fenomena tak jelas ini.

Tak hanya melulu di darat, bahkan di dalam lautpun fenomena ini kerap kali terjadi. Di lansir dari Cosmos berikut fenomena-fenomena suara yang belum bisa dijelaskan ilmuwan.

1. Dengungan

Transmisi-suara-radio.jpgIlustrasi: Transmisi suara radio. (FOTO: Alengo/Getty)

Dengungan ini mulai terjadi di tahun 60'an hingga sekarang. Suara ini bisa melintasi beberapa negara seperti Canada sampai Meksiko dan Skotlandia hingga Selandia baru. Beberapa orang menyebutkan dengungan ini mirip suara truk yang sedang dipanasi.

Anehnya, hanya mereka yang berumur pertengahan saja yang mampu mendengarnya. Ilmuwan berpendapat dengungan ini berasal dari frekwensi radio yang sangat rendah yang digunakan militer untuk berkomunikasi.

2. Skyquake

Skyquake.jpgIlustrasi: Langit. (FOTO: Valery Hatche/Getty)

Beberapa orang mendengar skyquake seperti suara tambahan meriam atau mirip suara jet yang berpacu. Suara ini umumnya bisa menggetarkan jendela atau pintu kaca. Ilmuwan berpendapat suara ini merupakan fenomena atmosfer.

3. Suara Paus 52 Hertz

Suara-Paus-52-Hertz.jpgPaus. (FOTO: Science Pioto Library/Getty)

Suara paus berkekuatan 52 Hertz ini menyayat hati. Jika didengarkan suara ini seperti paus yang sedih yang sedang mencari kelompoknya. Suara ini ditemukan oleh kapal selam angkatan laut pada tahun 1992.

Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa suara menyayat tersebut berasal dari erangan paus yang sedang melahirka. Beberapa lagi berpendapat bahwa itu cara mereka berkomunikasi, hanya saja berbeda dialeknya.

4. Lolongan bawah laut

Lolongan-bawah-laut.jpgUndersea volcano. (FOTO: Bob Halstead/Getty)

Lolongan bawah laut atau upsweep merupakan suara panjang dari dasar laut. Suara ini pertama kali dideteksi di laut Pasifik pada tahun 1991 oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Amerika. Ilmuwan berpendapat suara ini kemungkinan besar di sebabkan oleh volcano di bawah laut.

5. Dengungan di Koloseum Memnon

Dengungan-di-Koloseum-Memnon.jpgKoloseum Memnon, Mesir. (FOTO: Paul Panayiotou)

Pada tahun 27 SM, terjadi gempa dahsyat di Mesir yang meretakkan tanah di area patung sekitar Koloseum. Semenjak saat itu dengungan ini terdengar. Namun dengungan ini hanya muncul sekitar bulan Februari atau Maret. Ilmuwan berpendapat bahwa fenomena tersebut terjadi akibat meningkatnya kelembaban di sekitar Koloseum tersebut.

Nah, banyak juga kan fenomena suara yang belum bisa dijelaskan selain Skyquake? Hingga saat ini fenomena-fenomena tersebut belum terpecahkan dan masih menjadi misteri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES