Kesehatan 3M Lawan Covid

Agar Efektif, Perhatikan Penggunaan Hand Sanitizer yang Benar

Sabtu, 06 Februari 2021 - 01:20 | 88.31k
Hand sanitizer (FOTO: SHUTTERSTOCK/ELIZAVETA GALITCKAIA)
Hand sanitizer (FOTO: SHUTTERSTOCK/ELIZAVETA GALITCKAIA)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHand sanitizer salah satu benda yang wajib dimiliki dan dibawa saat pandemi seperti saat ini. Hand sanitizer sebenarnya digunakan jika tidak menemukan air mengalir dan sabun untuk mencuci tangan. 

Kandungan alkohol pada hand sanitizer dapat membunuh kuman, bakteri dan virus yang menempel di tangan. Jadi hand sanitizer cukup praktis ya digunakan kapan saja dan dimana saja. 

Namun beberapa kesalahan berikut ini dapat membuat kerja hand sanitizer tak maksimal. Apa saja ya?

Terlalu sedikit memakai

Jangab pelit-pelit ya kalau pakai hand sanitizer. Menuang atau menyemprotkan hand sanitizer terlalu sedikit tidak akan berefek apa-apa. Alkohol pun tak mampu bekerja jika terlalu sedikit dipakai. 

Hand sanitizer harus mencakup keseluruhan tangan, mulai dari telapak tanga, punggung tangam jari jemari hingga sela kuku atau ujung hari. 

Tidak menunggu sampai kering

Jika menggunakan hand sanitizer harus sabar ya. Tunggu sampai hand sanitizer benar-benar kering dengan cara digosok hingga mengering. Ingat jangan diusap dengan tisu. 

Menggunakan hand sanitizer untuk tangan yang berminyak

Kadang tanpa kita sadari tangan kita terasa berminyak. Hal itu bisa ternjadi karena beberapa hal, termasuk jenis kulit yang memang berminyak. Jika ita, sebaiknya keringkan dulu minyak pada tangan menggunakan tisu, baru setelahnya pakai hand sanitizer. 

Terlalu sering pakai hand sanitizer

Menggunakan hand sanitizer memang baik, untuk menjaga kehiegenisan tangan kita. Namun terlalu sering juga tidak baik. Sebab kandungan alkohol pada hand sanitizer juga dapat membuat kulit kering dan iritasi. 

Tidak menyimpan hand sanitizer dengan benar

Hand sanitizer tak boleh disimpan sembarangan ya. Seperti terkena sinar matahari langsung, atau suhu yang panas. Sebab akan merusak kandungan dalam hand sanitizer. Sebaiknya menyimpan atau meletakkan Hand sanitizer pada suhu ruang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES