Glutera News

11 Tanda Sistem Imun Tubuh Anda Lemah

Jumat, 05 Februari 2021 - 12:57 | 150.23k
Ilustrasi (FOTO: Gluteranews)
Ilustrasi (FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jika kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh Anda kuat, Anda tidak akan mudah jatuh sakit. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ada berbagai cara sederhana yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Sistem kekebalan tubuh terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Saat sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

Tanda daya tahan tubuh lemah salah satunya adalah badan mudah terserang berbagai penyakit. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas adalah tameng untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai virus dan penyakit. Oleh karenanya, terapkan gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan rajin berolahraga.

Gluteranews 1

Selain gejala mudah lelah dan rentan sakit, ada berbagai tanda imunitas menurun yang perlu Anda kenali sekaligus untuk melakukan pencegahan. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Tanda-tanda Sistem Imun Tubuh Lemah

Sampai saat Ini, telah diketahui bahwa sekitar 80 penyakit dapat disebabkan oleh masalah sistem kekebalan tubuh. Jadi, penting sekali mengenali ciri-ciri daya tahan tubuh yang sedang melemah. Berikut sejumlah tanda daya tahan tubuh melemah yang bisa Anda kenali:

1. Mudah Kelelahan
Merasa sangat lelah seperti yang dialami ketika terserang flu? Ini bisa berarti ada sesuatu yang terjadi dengan sistem kekebalan tubuh Anda. Hanya dengan istirahat atau tidur saja tidak begitu membantu. Selain merasa lelah, tanda daya tahan tubuh lemah ini disertai sendi atau otot terasa sakit. Bahkan mungkin ada banyak alasan lain mengapa tubuh merasakan kelelahan.

2. Demam Ringan
Jika demam atau suhu tubuh Anda lebih tinggi dari biasanya, kemungkinan sistem kekebalan tubuh mulai bekerja terlalu keras. Ini bisa terjadi mungkin karena tubuh akan mengembangkan infeksi.

3. Tangan Dingin

Gluteranews 2

Awal tanda daya tahan tubuh lemah bisa saja terasa hangat di beberapa anggota tubuh akibat pembuluh darah meradang, seperti pada jari tangan, kaki, telinga, dan hidung. Kulit di area tersebut dapat berubah menjadi pucat, kemudian membiru, dan terasa dingin. Setelah aliran darah kembali normal, kulit akan tampak memerah.

Pakar kesehatan menyebut ini sebagai “fenomena Raynaud.” Masalah sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan beberapa bagian tubuh dingin dan kaku dalam kondisi tertentu.

4. Infeksi Berulang
Jika Anda mengharuskan minum antibiotik lebih dari dua kali setahun (empat kali untuk anak-anak), tubuh Anda mungkin tidak dapat menyerang kuman dengan baik. Masalah kesehatan lainnya adalah infeksi sinus kronis, infeksi telinga sebanyak empat kali atau lebih dalam setahun (untuk siapa pun yang berusia di atas 4 tahun), atau mengalami pneumonia lebih dari satu kali.

5. Ruam
Kulit adalah benteng pertahanan pertama tubuh untuk melawan kuman. Kondisi kulit dapat mencerminkan seberapa baik sistem kekebalan tubuh melakukan fungsinya dalam mencegah ancaman berbagai penyakit. Kulit terasa gatal, kering, merah adalah tanda daya tahan tubuh lemah. Ruam ini begitu menyakitkan atau mungkin tidak kunjung sembuh.

6. Sakit Kepala

Gluteranews 3

Tidak hanya disebabkan oleh telat makan atau migrain, dalam beberapa kasus, sakit kepala dapat dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang mulai melemah.

7. Sering Pilek
Mengalami pilek dua atau tiga kali setiap tahun sangat normal bagi orang dewasa. Kebanyakan orang kembali pulih dalam tujuh hingga 10 hari. Selama waktu itu, dibutuhkan sistem kekebalan tubuh tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan kuman. Tetapi jika Anda terus-menerus terserang pilek atau terserang flu yang tidak kunjung sembuh, itu tanda daya tahan tubuh lemah.

8. Kulit dan Mata Menguning
Kondisi ini juga disebut jaundice, ini mungkin berarti sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel hati yang sehat. Itu dapat menyebabkan kondisi yang disebut hepatitis autoimun.

9. Masalah Pencernaan
Diare yang berlangsung lebih dari dua sampai empat minggu bisa menjadi tanda daya tahan tubuh lemah yang merusak lapisan usus halus atau saluran pencernaan. Konstipasi atau sembelit juga menjadi tanda masalah sistem imun. Jika susah buang air besar, mengejan dengan keras, atau feses kering, gejala ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh membuat fungsi usus melambat. Kemungkinan penyebab lainnya termasuk bakteri, virus, dan kondisi kesehatan lainnya.

10. Luka Sulit Sembuh
Kulit akan bekerja memperbaiki kerusakan setelah mengalami luka bakar, luka atau goresan. Tubuh Anda bekerja untuk melindungi luka dengan mengalirkan darah yang kaya nutrisi ke luka untuk membantu meregenerasi kulit baru. Proses penyembuhan ini tergantung pada sel-sel kekebalan tubuh yang sehat. Tetapi jika sistem kekebalan tubuh lemah, kulit tidak dapat beregenerasi. Alih-alih luka bertahan lama dan sulit disembuhkan.

11. Radang Sendi
Tanda sistem imun tubuh lemah selanjutnya terasa pada persendian di beberapa bagian tubuh. Ketika lapisan di dalam sendi meradang, area di sekitarnya akan terasa lunak saat disentuh atau mungkin terasa kaku dan bengkak, dan ini bisa terjadi pada beberapa sendi. Peradangan sendi kemungkinan akan menjadi lebih buruk di pagi hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES