Kesehatan

Riset Membuktikan Manfaat Besar Alpukat untuk Pencernaan

Jumat, 05 Februari 2021 - 04:22 | 98.67k
Ilustrasi - Manfaat alpukat untuk pencernaan (FOTO: theasiaparent)
Ilustrasi - Manfaat alpukat untuk pencernaan (FOTO: theasiaparent)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sudah banyak studi yang membuktikan manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh, namun riset terbaru membuka fakta bahwa buah yang satu ini juga memiliki efek positif pada pencernaan.

Dari studi yang dipublikasikan di Jurnal of Nutrition, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi alpukat setiap hari memiliki lebih banyak mikroba usus yang membantu proses pencernaan, dibandingkan mereka yang tak mengonsumsi alpukat.

Para peneliti menguji efek konsumsi harian alpukat pada 163 orang yang kelebihan berat badan atau obesitas di rentang usia 24-45 tahun. Separuh dari mereka diberi alpukat dalam santapan hariannya, sementara separuh lainnya tidak.

Alpukat-a.jpgAlpukat (Foto: Shutterstock/Valentyn Volkov)

Alpukat boleh jadi memiliki kalori tinggi dan kaya lemak, namun mereka masih menyumbangkan jumlah serat harian yang dianjurkan untuk tubuh, juga memiliki kandungan nutrisi seperti potasium.

Dari hasil riset juga dibuktikan bahwa konsumsi rutin alpukat juga membuat tubuh para partisipan riset menyerap lemak lebih rendah dari makanan yang mereka santap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES