Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Daun Talok Obat Diabetes Paling Ampuh

Kamis, 04 Februari 2021 - 18:00 | 331.66k
ILUSTRASI - Daun Talok. (FOTO: shutterstock)
ILUSTRASI - Daun Talok. (FOTO: shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah informasi tentang manfaat daun talok atau karsen sebagai obat untuk penderita diabetes beredar di media sosial Facebook. Postingan ini ramai diperbincangkan oleh para pengguna media sosial di WhatsApps Grup (WAG). 

Dalam informasi tersebut disebutkan bahwa terdapat kisah yang mendeskripsikan manfaat daun karsen bagi penderita diabetes. Tertulis juga cara pengunaan ramuan obat yang dibuat dari daun karsen. Berikut narasi yang beredar di media sosial WhatsApps Grup secara berantai:

OBAT DIABETES PALING AMPUH. #AJAIB !! INILAH OBAT DIABETES PALING AMPUH, SEBARKAN JANGAN SAMPAI PUTUS DI TANGAN ANDA.

Sebatas untuk Pengalaman...IBUKU,PENDERITA DIABETES,AtauTERKENAL DENGAN SEBUTANGULA DALAM DARAH, Sampai bila badan luka jadi akan SUSAH UNTUK PULIH.

Karena Ibuku juga STROKE dan Nyaris Semua Badan susah digerakkan sampai sepanjang Hari,Hanya TIDUR / BERBARING SAJA. Sejak satu tahun lalu, PINGGUL IBUKU TERLUKA, (mungkin saja umumnya terlentang) Luka itu Buat lobang dipinggul sampai mengeluarkan Darah dan selanjutnya Bernanah dan Busuk. Luka itu mulai Melebar dan buat lobang sana sini Hingga luka itu tampak sangat kronis........Dan mengakibatkan " BAU BUSUK "

(Tidak perlu saya perlihatkan fotonya karena menjijikkan) Sepulang dari Malaysia saya berusaha Konsultasi dengan dokter tentang luka itu, Dan dokter berkata Bila sisi tubuh sudah mulai membusuk harus di POTONG supaya tidak melebar kemana-mana.

Saya Sudah cobalah bermacam-macam langkah,Tapi luka itu tidak kunjung pulih.Lalu ada Seseorang Rekan yang menyarankan untuk Minum REBUSAN DAUN TALOK / KERSEM,Yang memiliki nama Latin Muntingia Calabura L dan Saya putuskan untuk mencoba...

Awal minum Rebusan daun itu " IBUKU DEMAM "Dan Luka Mengeluarkan Nanah buanyakkkkkk, Hingga harus Saya Tukar Perban beberapa kali.Setelah dua hari Minum... Luka itu Tidak mengeluarkan Nanah lagi dan mulai keluar " Darah Merah " dan

Beberapa Hari setelah itu seperti ada daging yang tumbuh Menutupi luka. Luka itu mulai tambah baik, dan Tidak mengeluarkan Darah atau Nanah lagi,

Kurun Waktu sebulan... Luka mulai kering. Dan Luka Kecil mulai Tertutup, Luka besar mulai Menciut.

Hingga saat ini tetap masih saya minum kan.. tapi daunnya tidak saya rebus tapi saya keringkan dan saya seduh seperti buat teh hijau.

Satu gelas diminum 2 x satu hari.

Caranya :

1: Petik saja daun talok/kersen yang masih segar, lalu jemur di bawah sinar sampai kering.

2: Jika sudah kering, kita bisa menyeduh daun talok kering ini dengan air panas.

3: Biarkan sampai hangat baru diminum seduhan daun ini sebelum tidur.

4: Ampasnya bisa digunakan lagi untuk menyeduh dengan air panas baru besok paginya, lalu buang. Tapi kalau tidak sayang bisa sekali pakai saja.

5: Minumlah secara rutin hingga gula darah Anda normal kembali.

Jika Sudah Normal, tinggal menjaga saja agar tidak kumat lagi yah. Karena penyakit Diabetes ini hanya bisa dihindari dengan POLA HIDUP SEHAT.

Bahkan bisa menyerang di segala usia. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kiranya Informasi ini dapat" BERMANFAAT "

Tolong informasi ini Jangan Sampai Putus di tangan anda.

Tolong Bantu untuk Membagikan informasi ini Supaya Berguna Buat Saudara2 Kita yang SEDANG MEMBUTUHKANNYA.

CEK FAKTA 

Hasil penelusuran TIMES Indonesia, informasi mengenai daun talok sebagai obat diabetes merupakan informasi hoaks. Informasi yang dicantumkan dalam pesan berantai tersebut bukan fakta yang sebenarnya. Di samping itu, belum ditemukan adanya riset terkait pemanfaatan daun talok sebagai obat diabetes. 

Dalam penelusuran tim Cek Fakta melalui mesin pencari terkait "daun talok obat diabetes" mengarah pada postingan facebook di tahun 2019 yang diunggah oleh akun Facebook @ArtikelKesehatanAlternatif. Artikel yang diunggah sama persih dengan artikel yang beredar di media sosial WhatsAppsGrup. Unggahan ini menampilkan informasi terkait, cara pengolahan dan manfaat daun talok tanpa mencantumkan sumber informasi yang jelas. 

cek-fakta-fb.jpg

Sumber: Postingan Facebook

Penelusuran lebih lanjut mengarah ke informasi yang disampaikan oleh Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT). Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus B2P2TOOT) Danang Ardiyanto menyebut penelitian tentang hal itu masih sangat terbatas.

"Kalau di tempat saya belum saya gunakan dan belum diteliti. Tapi kalau dari studi literatur, efek anti-DM (Diabetes Mellitus) baru sebatas pada hewan coba," ujar Danang.

Danang menjelaskan bahwa daun talok memiliki senyawa aktif yang diduga memiliki aktivitas anti-DM adalah kalkon, isoliquiritigenin, krisin dan flavonoid. Hal ini membuat konsumsi daun kersen bisa dikategorikan aman, asalkan sesuai dengan dosis turun temurun yang biasa dipakai.

"Tingkat level of evidencenya sebatas dari empiris/turun temurun dan uji praklinik/hewan coba. Untuk memastikan khasiat dan keamanan pada manusia harus dengan uji klinik," tegasnya.

cek-fakta-daun-talok.jpgSumber: Daun Kersen untuk Obat Diabetes, Manjurkah? Ini Kata Ahli | Detikhealth

Menurut informasi jaringan tim Cek Fakta TIMES Indonesia, Liputan 6, informasi tersebut hoaks. Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menghubungi dr. RA Adaninggar, SP.PD. Dia menyebut klaim yang menyebut daun talok atau kersen sebagai obat paling mujarab untuk diabetes adalah tidak benar.

"Muntingia calabura atau kersen mengandung vitamin antioksidan tinggi seperti asam askorbat, riboflavin, thiamin, dan serat. Namun untuk penyembuh diabetes saat ini penelitiannya masih dilakukan uji pada binatang (in vivo)," ujar dr Ning, Rabu (3/2/2021).

"Dalam penelitian tersebut memang menyatakan ada potensi bisa menurunkan kadar glukosa darah, tetapi untuk manusia hanya sebatas penelitian cross sectional bukan uji klinis. Padahal untuk mengklaim suatu zat sebagai obat harus lolos uji klinis fase 3 pada manusia terlebih dahulu untuk memastikan efektivitas dan keamanannya," katanya menambahkan.

Dalam artiket tersebut Ning juga meminta masyarakat untuk tidak mengonsumsi sembarang obat atau herbal yang overklaim. Karena semua obat atau herbal harus sudah diuji klinis dan terdaftar di BPOM terlebih dahulu agar aman dan efektif saat dikonsumsi.

cek-fakta-daun-talok-2.jpgSumber: Cek Fakta: Tidak Benar Daun Kersen Obat Paling Ampuh untuk Sembuhkan Diabetes | Liputan6

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai daun talok sebagai obat diabetes merupakan informasi yang salah. Karena informasi ini tidak mencantumkan sumber resmi, dan belum ada data resmi ataupun riset terkait informasi ini.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang daun talok sebagai obat diabetes masuk dalam kategori Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES