Gaya Hidup

Tempe, Lauk Paling Favorit yang Kaya Nutrisi

Kamis, 04 Februari 2021 - 03:28 | 64.20k
Tempe. (health.grid.id)
Tempe. (health.grid.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTATempe salah satu lauk pangan khas Indonesia. Hampir semua keluarga di Indonesia pernah menyajikan tempe sebagai lauk harian. 

Diketahui, tempe berbahan dasar kedelai. Melalui proses fermentasi, tempe meningkatkan derajat ketidakjenuhan terhadap lemak. Asam lemak tidak jenuh ini mempunyai efek penurunan terhadap kandungan kolestrol serum, sehingga dapat menetralkan efek negatif sterol di dalam tubuh.

Tempe merupakan sumber vitamin B yang sangat potensial. Jenis vitamin yang terkandung dalam tempe antara lain vitamin B1, B2, asam pantotenat, asam nikotinat, vitamin B6, dan B12.

Selain itu tempe juga mengandung fosfor, inostol, isoflavon, kalsim, magnesium dan mineral penting lainnya. 

Sebagai lauk, biasanya tempe digoreng menggunakan bumbu dasar bawang putih dan garam. Ada juga yang membalut tempe dengan tepung. Ya, kita kenal dengan mendoan. 

https://akurat.co/gayahidup/id-1201791-read-resep-tempe-mendoan-ala-warkop-cocok-temani-santai-di-rumah-saja

Namun, orang Indonesia sangat kreatif. Tak hanya sebagai lauk, tapi tempe juga dapat digunakan sebagai sayur. Bahkan bukan tempe segar saja yang dapat digunakan, tapi tempe busuk pun dapat diolah menjadi panganan lezat. 

Pernah mendengar istilah tempe bosok? Nah ya itu tempe busuk. Sebenarnya busuk di sini bukan busuk banget ya, tapi istilah Jawanya semangit, alias menjelang busuk. 

tempebusuk.jpgfimela.com

Konon tempe busuk menghasilkan orama khas yang membuat sayur menjadi lebih nikmat. Biasanya tempe busuk dibuat olahan mirip lodeh, sayur berkuah santan. Ada juga yang mengolahnya menjadi sambal tumpang atau botok. Hmm, tertarik mencoba? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES