Glutera News

Gluthathione Pembersih Racun dalam Hati (Liver)

Rabu, 03 Februari 2021 - 08:48 | 34.77k
Gluthathione Pembersih Racun dalam Hati (Liver)
FOTO: Glutera
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan organ hati penting untuk dilakukan. Berbagai hal bisa menyebabkan terjadinya penyakit hati. Mulai dari terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, obesitas, hingga mengonsumsi obat berlebihan.

Saat seseorang mengalami penyakit hati, maka dapat terjadi gangguan sistem pengeluaran racun dari dalam tubuh. Sebab, hati atau liver memiliki peran penting menyaring dan mengeluarkan racun dari tubuh yang masuk bersama makanan dan minuman. Hati juga berperan dalam pencernaan dengan memproduksi cairan empedu yang berfungsi membantu memecah lemak dari makanan, serta menyimpan glukosa sebagai cadangan energi bagi tubuh.

Penyebab Penyakit Hati

Gluthathione 3

Tanpa disadari, banyak kebiasaan sehari-sehari yang dapat memicu terjadinya gangguan pada hati ataupun penyakit hati. Kebiasaan-kebiasaan dan pola hidup tersebut di antaranya:

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Hati membutuhkan fruktosa, yaitu salah satu jenis gula, untuk memproduksi lemak. Tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi gula olahan dan pemanis buatan dari sari pati jagung dengan kadar fruktosa tinggi, maka dapat menyebabkan penumpukan yang berisiko menyebabkan penyakit hati, bahkan pada orang yang tidak memiliki kelebihan berat badan sekalipun. Jenis gula ini umumnya terdapat pada minuman soda, permen, dan kue manis. Penelitian menemukan, bahaya akibat terlalu banyak mengonsumsi gula setara dengan bahaya akibat konsumsi minuman keras.

2. Mengonsumsi Minuman Bersoda

Orang yang mengonsumsi minuman bersoda lebih berisiko untuk terkena perlemakan hati non-alkohol. Untuk mencegah hal tersebut, disarankan untuk membatasi konsumsi minuman bersoda.

3. Lemak Trans

Konsumsi makanan yang mengandung lemak trans atau lemak jenuh dapat memicu kenaikan berat badan dan menyebabkan penumpukan lemak pada sel hati. Pada makanan, lemak trans umumnya dijumpai pada kue, roti, ataupun makanan kemasan yang bertuliskan partially hydrogenated pada label kemasannya.

4. Obesitas

Kelebihan berat badan mengakibatkan penumpukan lemak pada sel-sel hati yang dapat menyebabkan perlemakan hati non-alkohol atau non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD). Selain kelebihan berat badan, penyakit ini juga paling berisiko menimpa orang yang mengalami diabetes dan berusia setengah baya (sekitar 40-60 tahun). Jika tidak ditangani, akan terbentuk jaringan parut yang mengeras, menggantikan jaringan yang sehat.

5. Konsumsi Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka panjang atau dosis besar dapat membahayakan kesehatan organ hati Anda. Batasi penggunaannya berdasarkan petunjuk pada kemasan obat atau berdasarkan saran dokter.

L-gluthathione dapat Membersihkan Racun Dalam Hati

Gluthathione 2

L-glutathione adalah bentuk tereduksi glutathione, dan merupakan tripeptide disintesis dalam jaringan hewan dan tanaman dari glisin, sistein dan glutamat. Umumnya dikenal sebagai GSH, mengandung gugus thiol yang diselenggarakan dalam keadaan berkurang, dan merupakan antioksidan yang sangat kuat, dianggap sebagai antioksidan tombol pelindung dan substansi dalam tubuh.

Glutathione dapat mengurangi setiap kelompok disulfida dalam sitoplasma dalam sel tubuh, dan melindungi sitoplasma terhadap oksidasi. Hal ini memiliki efek sinergis dengan antioksidan lain untuk melindungi tubuh terhadap radikal bebas dan oksidasi yang menyebabkan begitu banyak kerusakan tubuh melalui apa yang biasanya disebut sebagai "stres oksidatif". Misalnya bahan kimia beracun dan obat-obatan yang menempel di hati.

Bahan-bahan beracun termasuk pestisida beracun, hidrogen sulfida, karbon monoksida, logam berat seperti merkuri, cadmium dan krom dan zat lain yang bersentuhan dengan atmosfer kita dan bahan makanan. Glutathione juga dapat membantu melindungi tubuh dari efek kemoterapi dan bukti-bukti yang menunjukkan link mungkin dengan kontrol dari beberapa kanker, diabetes, atherosclerosis dan banyak kondisi degeneratif lain yang disebabkan oleh serangan radikal bebas dan efek polutan.

Cara yang bertindak GSH dalam sel adalah bahwa keadaan redoks pasangan glutathione disulfida glutathione sangat penting untuk kesehatan antar sel dan cairan intraseluler. GSH di negara penurunan glutathione bereaksi dengan agen oksidasi seperti peroksida hidrogen untuk membentuk bentuk teroksidasi, glutathione disulfida dan air.
Itu maka sel sampai oksidasi seperti peroksida dan radikal bebas dalam sitoplasma sel-sel tubuh, dan juga di antara sel disulfida tersebut kemudian diubah kembali menjadi GSH oleh aksi gabungan dari enzim glutation reduktase dan NADPH (nicotinamide agen mengurangi fosfat dinukleotida adenin).

Kemudian mengulangi siklus sehingga dua molekul glutathione terus mengurangi agen pengoksidasi tanpa merusak dikonsumsi sendiri. Dengan demikian, yang menjadi NADPH teroksidasi. Sebuah kelangsungan penyediaan NADPH diperlukan untuk memungkinkan GSH untuk menjalani reaksi-reaksi biokimia, dan hingga 10 persen glukosa darah kita digunakan oleh jalur fosfat pentosa oleh yang NADPH disintesis.

Karena siklus ini mengkonsumsi glutathione tidak, itu akan muncul bahwa suplemen tidak diperlukan. Namun, hal ini tidak terjadi sejak molekul mengambil bagian dalam reaksi lainnya dalam tubuh, khususnya di eliminasi logam berat beracun dari tubuh. Merkurius sangat reaktif dengan thiol yang GSH adalah, dan akan mengikat untuk membentuk ikatan Hg-sulfydryl stabil di hati.
Chelate ini merkuri-glutathione tidak mampu mengikat protein lain atau mendapatkan akses ke sel-sel tubuh, dan akhirnya dikeluarkan tanpa membahayakan. Hal yang sama adalah benar dari banyak logam berat lainnya yang reaktif dengan thiol's.

Dengan cara ini tubuh dilindungi dari efek berbahaya dari logam berat. Namun, hasil hilangnya glutathione, dan polusi hidup modern dapat mengurangi GSH tubuh kita. Untuk alasan ini suplemen glutathione dianjurkan, terutama untuk penduduk kota yang mungkin terkena logam berat lebih dari yang tinggal di daerah pedesaan.

Namun, bentuk yang diambil suplemen ini sangat penting, karena saluran pencernaan manusia mengandung sejumlah besar gamma-glutamyltranspeptidase. Itu adalah enzim yang tampaknya menghancurkan glutathione sebelum dapat diserap. Namun, dapat diserap secara langsung ke dalam aliran darah dengan melarutkan pil antara gigi dan lidah. Juga telah saran bahwa suplemen ini dapat diperoleh dengan cara penyuntikan.

Antioksidan Mengobati Penyakit Hati

Gluthathione 4

Beberapa kondisi yang spesifik, antioksidan ini bermanfaat untuk mengobati penyakit hati seperti hepatitis, sirosis dan sebagainya. Pasien yang menderita penyakit ini menunjukkan penurunan besar dalam isi GSH dalam tubuh mereka. Pasien yang menderita hepatitis C kronis telah ditemukan terkait dengan tingkat GSH berkurang, terutama jika HIV positif juga.

Kekurangan serupa telah dicatat di beberapa kondisi paru-paru seperti asma dan kondisi paru lainnya. Dalam kasus seperti ini telah menunjukkan bahwa pemberian suplemen GSH cukup untuk mengembalikan tingkat normal substansi memperbaiki kondisi pasien dalam jumlah yang signifikan. Pengaruhnya pada aterosklerosis tampak signifikan karena tingkat penurunan peroksidase GSH telah dicatat pada pasien tersebut di samping peningkatan peroksida lipid, yang menunjukkan bahwa oksidasi dinding arteri telah terjadi

Terapi Anti-virus yang mengandalkan biokimia GSH untuk tindakan mereka telah ditemukan untuk menjadi kurang efektif pada mereka dengan tingkat GSH yang rendah, dan studi lain telah mengkonfirmasikan bahwa suplementasi dengan GSH meningkatkan respon terhadap pengobatan interferon. Hasil ini menunjukkan aktivitas agen oksidasi dan radikal bebas dalam kondisi hati, dan fakta ini telah ditunjukkan oleh tes yang telah dilakukan di New York dan Philadelphia pada 1990-an.

Hal ini menunjukkan bahwa hati rentan terhadap kerusakan oleh stres oksidatif, dan bahwa tingkat GSH mungkin dapat digunakan sebagai indikasi potensi penyakit hati. Apa yang jelas adalah bahwa kasus kuat dapat dibuat untuk suplementasi glutathione sebagai perlindungan terhadap potensi hati, penyakit paru dan kardiovaskular, terutama oleh mereka yang terkena polusi agen tertentu seperti asap tembakau primer atau sekunder, mobil dan asap diesel dan bahan kimia dan pestisida.

L-glutathione berguna, tidak hanya untuk menghilangkan racun dalam hati, tetapi juga dalam melindungi organ besar dan penting dari stres oksidatif yang membawa kehidupan modern. (*)



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • Pengalaman Buka Puasa di Zam Zam Hotel & Convention Batu Dapat Pula Dirasakan saat Halal Bi Halal dan Reuni
    Pengalaman Buka Puasa di Zam Zam Hotel & Convention Batu Dapat Pula Dirasakan saat Halal Bi Halal dan Reuni
    10/05/2021 - 06:31
  • Have a Nice Cup of Coffee at Terminal Songgon Cafe Banyuwangi
    Have a Nice Cup of Coffee at Terminal Songgon Cafe Banyuwangi
    10/05/2021 - 05:56
  • Looking for Tourist Attraction in Surabaya During This Holiday? Check This Out!
    Looking for Tourist Attraction in Surabaya During This Holiday? Check This Out!
    10/05/2021 - 04:07
  • Sugarcane Juice and It's Health Properties
    Sugarcane Juice and It's Health Properties
    10/05/2021 - 03:07
  • Luncurkan Fasilitas GeNose C19, Accor Perkuat Komitmen Pada Pemulihan Pariwisata
    Luncurkan Fasilitas GeNose C19, Accor Perkuat Komitmen Pada Pemulihan Pariwisata
    10/05/2021 - 02:53

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Bipang, Mudik, Dan Komunikasi Kepresidenan
    Bipang, Mudik, Dan Komunikasi Kepresidenan
    09/05/2021 - 11:16
  • Ngopi Pagi: Zakat, Infaq, dan Sedekah
    Ngopi Pagi: Zakat, Infaq, dan Sedekah
    09/05/2021 - 10:28
  • Larangan Mudik di Masa Pandemi yang Tidak Efektif
    Larangan Mudik di Masa Pandemi yang Tidak Efektif
    09/05/2021 - 07:16
  • Viral Pemudik Menangis, Antara Empati dan Tuntutan Tugas Seorang Aparat
    Viral Pemudik Menangis, Antara Empati dan Tuntutan Tugas Seorang Aparat
    08/05/2021 - 20:39
  • Menjawab Optimisme, Pemuda menjawab Tantangan
    Menjawab Optimisme, Pemuda menjawab Tantangan
    08/05/2021 - 18:32
  • James Bond dan Lailatul Qodar
    James Bond dan Lailatul Qodar
    08/05/2021 - 17:06
  • Antisipasi Tsunami Covid-19
    Antisipasi Tsunami Covid-19
    08/05/2021 - 17:01
  • Penyesuaian Budaya Mudik di Tengah Pandemi
    Penyesuaian Budaya Mudik di Tengah Pandemi
    08/05/2021 - 16:00

KULINER

  • Sugarcane Juice and It's Health Properties
    Sugarcane Juice and It's Health Properties
    10/05/2021 - 03:07
  • Taste the Super Spicy Smoked Tuna with Curry Gravy at Esto Coffee Malang
    Taste the Super Spicy Smoked Tuna with Curry Gravy at Esto Coffee Malang
    10/05/2021 - 01:03
  • Berikut Makanan Khas Pamekasan yang Wajib untuk Dicicipi
    Berikut Makanan Khas Pamekasan yang Wajib untuk Dicicipi
    09/05/2021 - 15:58
  • Kue Lebaran Unik, Mirip Batu Bata Lengkap dengan Semen dan Cetoknya
    Kue Lebaran Unik, Mirip Batu Bata Lengkap dengan Semen dan Cetoknya
    09/05/2021 - 09:42
  • Mengenal Bipang Ambawang, Makanan Khas Kalimantan
    Mengenal Bipang Ambawang, Makanan Khas Kalimantan
    08/05/2021 - 14:30