Kesehatan

5 Makanan Sehari-Hari yang Teryata Penyumbang Kalori Terbesar

Rabu, 03 Februari 2021 - 06:41 | 128.61k
Ilustrasi - Seorang wanita sedang menikmati makanan (FOTO: Unsplash/Pablo Merchan)
Ilustrasi - Seorang wanita sedang menikmati makanan (FOTO: Unsplash/Pablo Merchan)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKalori dibutuhkan bagi tubuh agar dapat tetap aktif menjalankan segala aktifitas. Kalori sendiri adalah jumlah energi yang didapatkan dari makanan atau minuman. Namun terlalu banyakkalori juga tidak baik, karena dampaknya bisa ke obesitas. 

Apalagi bagi Anda yang tengah menjalankan program penurunan berat badan, jumlah kalori harus benar-benar diperhitungkan ya. 

Sayangnya banyak yang tak menyadari makanan sehari-hari berikut ini justru penyumbang kalori. Hmm, apa saja ya?

1. Saus botolan

SausFOTO: Tribunjualbeli

Saus botolan mengandung kalori yang tinggi. Itu karena produk tersebut mengandung banyak gula. Meski demikian tak semua saus botolan tinggi kalori ya, saus sambal dan kecap asin jumlah kalorinya lebih kecil dibanding jenis lainnya.

2. Buah kalengan

buah kalengFOTO: gkaminsky

Air dalam buah kalengan mengandung gula yang cukup banyak, sehingga kalori yangdisimpannya pun banyak. Jadi jika makan buah kalengan, hati-hati ya, jangan terlalu banyak

3. Kerupuk

kerupukFOTO: shutterstock/Ariyani Tedjo

Wah, yang ini sih sudah jadi pendamping makanan yang wajib ya. Makan kerupuk serasa lebih meriah bukan. Eh tapi jangan terlalu banyak dan sering makan kerupuk ya. Sebab kerupuk kalorinya tinggi. Bahkan penelitian menyebutkan 2 keping kerupuk putih kalorinya setara dengan 100 gr nasi putih. 

4. Es teh manis

teh jerukFOTO: FREEPIK

Waduh, ini juga kegemaran ya. Abis makan minumnya es teh manis memang paling endeus lah. Tapi ternyata es teh manis tinggi kalori. 1 botol es teh masni berukuran 450 ml kalorinya setara dengan 120 gr nasi putih. Waduh!

5. Kue/ cemilan

kue cokelatFOTO: chocolazo.co.id

Kue atau cemilan juga mengandung kalori tinggi ya. Jadi nggak usah heran jika ada orang mengatakan makannya nggak banyak, tapi badannya gemuk, mugkin karena dia banyak makan kue atau cemilan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES