Kopi TIMES

Aplikasi ANGKASA sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh Pasca Gempa 2018

Selasa, 02 Februari 2021 - 18:20 | 82.44k
Asriati Aulia Malik (Mahasiswa Literasi Ilmiah UIN Mataram).
Asriati Aulia Malik (Mahasiswa Literasi Ilmiah UIN Mataram).

TIMESINDONESIA, MATARAM – Pendidikan adalah suatu bentuk investasi jangka panjang yang akan menentukan maju atau mundurnya suatu negara. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di suatu negara. Maju atau mundurnya suatu negara sangat dipengaruhi oleh generasi mudanya, yang di mana kualitas generasi muda ini akan ditentukan oleh mutu pendidikan terutama di sekolah.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan pemerintah telah menerapkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di suatu lembaga pendidikan yang berdasarkan kebijakan pendidikan nasional dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lembaga pendidikan yang bermutu akan membuat proses pembelajaran menjadi efektif, atau berjalan sesuai dengan visi serta misi sekolah. 

Selain itu, pemerintah juga sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membangun proses pendidikan yang efektif, namun banyak hal yang mempengaruhi proses pembelajaran yang ada di sekolah, salah satunya bencana alam. Bencana alam yang melanda suatu daerah terkadang akan menyebabkan terhambatnya proses belajar dan pembelajaran di sekolah, salah satunya gempa yang terjadi di Pulau Lombok pada Minggu, 5 Agustus 2018 dengan kekuatan 7.0 SR yang saat itu menelan banyak korban jiwa dan luka-luka serta trauma mendalam bagi masyarakat di Lombok. 

Gempa tersebut menyebabkan bangunan-bangunan sekolah rusak, roboh, bahkan rata dengan tanah. Bencana alam tersebut menyebabkan terhambatnya proses belajar pembelajaran, peserta didik harus dirumahkan bahkan mengungsi di tempat-tempat yang sekiranya aman. Sehingga pembelajaran yang seharusnya berlangsung menjadi terhambat, peserta didik yang akan melaksanakan ujian nasional yang seharusnya diberikan bimbingan atau pembelajaran tambahan pun dikurangi waktu pembelajarannya.

Oleh karena itu, banyak anak didik yang belajar dirumah mandiri dan tidak paham. Namun, beberapa dari mereka memiliki alternatif lain yaitu melalui aplikasi-aplikasi pembelajaran online, sayangnya tidak semua mata pelajaran yang ada dalam aplikasi belajar online yang ada seperti mata pelajaran agama yang ada pada madrasah pada saat ini seperti Fikih, al-Qur’an Hadis, SKI, Akidah Akhlak, dan Bahasa Arab.

Hal tersebut membuat peserta didik cukup kesulitan dalam belajar mandiri. Sehingga penulis terpikirkan untuk membuat aplikasi yang dapat menunjang pembelajaran tersebut, yaitu aplikasi belajar ANGKASA (Ruang Kelas Madrasah). Berdasarkan alasan tersebut penulis tertarik untuk memaparkan tentang bagaimana bentuk aplikasi belajar ANGKASA, bagaimana tujuan aplikasi belajar ANGKASA, dan bagaimana gambaran dampak kedepannya dengan adanya aplikasi belajar ANGKASA.

Aplikasi belajar ANGKASA adalah suatu aplikasi belajar online yang memuat materi pembelajaran yang dijelaskan langsung oleh tutor atau guru melalui video animasi. Selain itu, aplikasi ini juga memuat latihan soal-soal untuk menguji hingga mana kemampuan anak didik tersebut. Aplikasi belajar ANGKASA ini terinspirasi dari aplikasi belajar online Ruang Guru, yang dimana sebelumnya penulis merupakan salah satu dari Alumni Ruang Guru (Ruang Guru Squad).

Perbedaan atau tambahan fitur yang penulis inginkan adalah adanya ruang untuk guru dan murid berinteraksi secara langsung melalui aplikasi ini, sehingga aplikasi ini akan efisien karena digunakan untuk belajar mandiri dengan tutor yang telah disediakan itu bisa, dan untuk belajar dengan guru yang ada disekolah juga bisa. Aplikasi belajar ANGKASA ini akan menunjang pembelajaran jarak jauh (online), dan juga membantu anak didik dalam mereview pembelajaran di sekolah. Guru dapat bergabung dengan aplikasi belajar ANGKASA dengan mandaftarkan dirinya dan memberikan kode akses kelasnya pada anak didiknya. 

Aplikasi ini juga nantinya bisa diakses melalui PC/IOS agar dapat menjangkau semua kalangan. Anak didik yang bergabung dengan ANGKASA ini akan dipanggil dengan “mengangkasa”, dimana yang bergabung akan diharapkan mampu belajar hingga angkasa, karena belajar itu tidak ada batasnya kapanpun dan dimanapun walaupun hingga ke negeri Ciina.    

ANGKASA adalah aplikasi belajar yang mampu menunjang pembelajaran jarak jauh atau dapat membantu peserta didik dalam mengulangi materi di kelas. Dengan adanya ANGKASA penulis berharap mampu menunjang pembelajaran jarak jauh, dan membantu anak didik untuk memahami materi yang sebelumnya disekolah belum sempat dijelaskan secara terperinci dan mendalam oleh Guru. ANGKASA akan mempermudah mengefisiensikan pendidikan dalam kondisi apapun, sehingga tujuan pendidikan akan tercapai.

***

*)Oleh: Asriati Aulia Malik (Mahasiswa Literasi Ilmiah UIN Mataram).

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES