Kuliner

Hadir Sejak Tahun 1974, STMJ Lawu Legendanya STMJ di Kota Blitar

Selasa, 02 Februari 2021 - 10:22 | 140.80k
STMJ Lawu Kota Blitar. (FOTO: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
STMJ Lawu Kota Blitar. (FOTO: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Susu Telur Madu Jahe Lawu (STMJ Lawu) menjadi salah satu tempat atau kuliner legendaris di Kota Blitar, Jawa Timur. Lapak minum susu segar ini telah hadir sejak tahun 1974 di Kota Blitar.

Lawu diambil dari nama jalan  lapak tempat berjualan yakni di Jalan Lawu, Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

"Kalau dulu ibu saya tahun 74, kalau saya melanjutkannya pada tahun 88," ujar Mujiyati, pemilik STMJ Lawu generasi kedua kepada TIMES Indonesia, Senin (1/2/2021).

STMJ-Lawu-Kota-Blitar-2.jpg

Mujiyati menuturkan, ia tak pernah tahu kalau STMJ nya menjadi andalan di Kota Blitar lantaran tak ada hal khusus yang membedakan STMJ-nya dengan STMJ lainnya. Menurutnya langkah, bahan, dan proses penjualannya dirasa sama tidak ada yang lain mau berbeda.

"Menu yang disajikan di sini nggak ada yang lain, mungkin adanya ya kue-kue titipin semua. Mungkin telur setengah matang menu lain dari STMJ," ujar Mujiyati.

Mujiyati juga menuturkan, untuk harga STMJ dihargai Rp8 ribu, apabila tambah telur tambah seribu. Dan kalau tidak pakai telur dihargai Rp7 ribu. Sedangkan untuk telur setengah matangnya satu telur dihargai Rp3 ribu kalau 2 telur cukup Rp5 ribu.

STMJ-Lawu-Kota-Blitar-3.jpg

"Perbedaan sebelum adanya pandemi dengan adanya pandemi yaitu tidak bisa diminum disini dan semua pengujung untungnya banyak yang menyadari dan dibungkus mau," ucapnya.

 STMJ Lawu ini terkenal enak di Kota Blitar. Sebelum adanya pandemi, STMJ Lawu ini selalu ramai dan padat pembeli. Hingga sampai ada pembeli setia yang rela harus antre dahulu untuk menikmati STMJ di sana. Untuk jam bukanya, buka pada pukul 18.00 sampai 22.00 setiap hari.

"Ada dan banyak pelanggang yang langganan STMJ di sini bahkan sampai ke anak-anak dan cucu-cucunya," pungkas penjual generasi kedua STMJ Lawu Kota Blitar ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES