Tekno

Mizu Water Inovasi Masalah Air Bersih ITTelkom Surabaya

Senin, 01 Februari 2021 - 16:42 | 58.26k
ITTelkom Surabaya saat meluncurkan Mizu Water, Sabtu (30/1/2021). (FOTO: ITTelkom Surabaya)
ITTelkom Surabaya saat meluncurkan Mizu Water, Sabtu (30/1/2021). (FOTO: ITTelkom Surabaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Akademi Institute Teknologi Telkom (ITTelkom) Surabaya meluncurkan inovasi alat yang bisa menanggulangi masalah kesulitan air bersih di desa. Alat dengan nama Mizu Water itu diluncurkan pada Sabtu (30/1/2021) di Desa Kalidahu Blitar, peresmian tersebut juga dihadiri rektor ITTelkom Surabaya, Tri Arief Sardjono dan  perangkat desa setempat.

“Terima kasih banyak atas bantuan dari ITTelkom Surabaya karena beberapa tahun ini desan kami mengalami kekeringan dan masyarakat mengeluarkan uang sangat banyak untuk sumur bor," kata  Lurah Desa Kalidahu, Ngeni, Iwan Haris Efendi.

Efendi menyampaikan inovasi ini akan bermanfaat sejak banyak hal dalam lini kehidupan yang membutuhkan air. Karena ada bantuan sumur bor ini, ia berharap ini dapat digunakan dan dikelola dengan baik. "Nanti kami akan membentuk pengurus untuk mengurus proyek ini,” tambahnya.

ITTelkom-Surabaya-2.jpg

Proyek pembuatan Mizu Water ini sudah dimulai dari Oktober 2020 dan memakan waktu satu bulan dari mulai analisa lapangan hingga pembuatan alat. Proyek Mizu Water ini tidak akan berhenti pada peresmian tersebut karena akan terus dilakukan pemantauan terhadap alat dan tidak memungkinkan adanya pengembangan lainnya.

“Nanti proyek ini akan dimonitor secara daring sementara masih dilakukan melalui kabel dan akan terus dikembangkan dan dilakukan perbaikan-perbaikan ke depannya. Sejauh ini monitoring pompa dan lain sebagainya sudah menggunakan aplikasi dan dapat dilakukan monitoring melalui internet. Hanya saja sejauh ini kendalanya dari jaringan.” ujar Rektor ITTelkom Surabaya, Tri Arief Sardjono, Senin (1/2/2021).

Pada kesempatan yang sama warga juga diajak untuk melihat demonstrasi cara kerja alat yang dilakukan oleh tim mahasiswa yang membuat, sehingga nantinya dapat digunakan secara maksimal.

Sementara itu, salah satu tim mahasiswa proyek Mizu Water, Yosefan Alfeus Bayuaji mengatakan bahwa Mizu Water berguna untuk memudahkan pekerjaan warga mencari air. Terdiri dari 2 bagian, sumur bor dan tandon yang terpisah oleh jarak dan terkoneksi melalui pipa air. Cara kerjanya terdapat panel yang dipasang dekat tandon sebagai media komunikasi untuk tahu debit air dalam tandon kemudian menghubungkan dengan sumur.

"Jadi ketika air dalam penampungan hamper habis maka panel akan mengirimkan sinyal ke panel control sumur untuk menyalakan genset dan pompa, ketika sudah penuh maka akan mati secata otomatis. Panel control sumur dan tandon penampungan ini terkoneksi secara wireless menggunakan atena sehingga dapat berkomunikasi jarak jauh.” jelasnya.

Proyek inovasi Mizu Water berbasis IoT karya ITTelkom Surabaya ini juga masuk Top 10 ketegori Social Project dalam Kompetisi Innovillage yang merupakan kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital melalui sinergi PT Telkom Indonesia dengan Perguruan Tinggi Swasta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES