Kesehatan

Senam Ibu Hamil Memperlancar Proses Persalinan

Senin, 01 Februari 2021 - 04:20 | 106.23k
Ilustrasi - Senam Ibu Hamil (FOTO: Freepik)
Ilustrasi - Senam Ibu Hamil (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, BANTULSenam ibu hamil memegang peran penting dalam memperlancar proses persalinan. Menyusul fungsinya yang secara fisik mempersiapkan ibu untuk menjalani proses persalinan.

Praktisi bidang kebidanan Yulia Hikmawati menyampaikan hal ini menanggapi maraknya layanan senam ibu hamil di rumah sakit dan klinik bersalin. 

Ditemui usai memberikan pelatihan di klinik bersalin rumah sehat Alisha Minggu (31/1/2021), Yulia memastikan senam ibu hamil pada dasarnya bertujuan memperbaiki struktur tulang belakang ibu yang akan melakukan persalinan. Sebab posisi tulang belakang ini akan berpengaruh terhadap tulang panggul sebagai jalan keluarnya bayi.

Salah-satu-gerakan-senam-ibu-hamil.jpgSalah satu gerakan senam ibu hamil metode PAZ Maryam (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

Senam ibu hamil dipastikan hanya dapat memperbaiki struktur tulang belakang yang terganggu akibat salah pola gerak. Seperti salah posisi duduk, berjalan atau membawa beban terlalu berat. Sedang kerusakan struktur tulang belakang bawaan lahir harus mendapat penanganan khusus.

Tidak terdapat gerakan baku dalam senam ibu hamil. Yang terpenting ibu merasa nyaman dan tidak berbahaya bagi janin. Biasanya mulai dilakukan pada usia kandungan minimal 36 minggu. Selain harus mendapat pengawasan dari tenaga medis berpengalaman.  

Salah satu senam ibu hamil adalah PAZ Maryam. Gerakan senam ibu hamil ini diperkenalan oleh ustad Haris setalah mengkaji selama 20 tahun Qur'an Surat Maryam ayat 22 hingga 26. Berdasarkan hasil kajian gerakan menggoyang pohon kurma sebagaimana dilakukan Siti Maryam atas bimbingan malaikat Jibril dapat memperbaiki struktur tulang belakang. 

"Gerakan saat membungkuk juga menimbulkan efek anestesi yang mengurangi rasa sakit saat proses persalinan nanti," jelas Yulia. 

Selain memperbaiki struktur tulang belakang lewat senam ibu hamil. Asupan nutrisi bagi ibu hamil juga menunjang lancarnya proses persalinan. Sehingga makanan-makanan yang banyak ditulis dalam Al-Qur'an seperti Kurma dan Madu menjadi konsumsi wajib bagi ibu hamil. Dalam tinjauan agama hal ini bertujuan menghasilkan keturunan yang berkualitas. 

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Sapta Adisuka Mulyatno memastikan senam ibu hamil memang dianjurkan. Karena dapat memperlancar proses persalinan. Termasuk gerakan seperti menggoyang pohon kurma sebagaimana dalam metode PAZ Maryam. 

Walau demikian dirinya menghimbau agar pelaksanaan senam ibu hamil mendapat pengawasan dari tenaga medis. Karena harus dilakukan dengan benar. Sekaligus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga tujuan untuk memperlancar proses persalinan benar-benar tercapai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES